Bagaimana cara menyiasati kejadian ICU dan ruang isolasi penuh di RS Rujukan Covid 19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Bagaimana menyiasati bila terjadi kejadian ICU dan ruang isolasi penuh untuk pasien covid 19 yang akan dirujuk ke RS Rujukan. Apalagi kalau situasinya di RS...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana cara menyiasati kejadian ICU dan ruang isolasi penuh di RS Rujukan Covid 19

    01 Desember 2020, 09:09

    Bagaimana menyiasati bila terjadi kejadian ICU dan ruang isolasi penuh untuk pasien covid 19 yang akan dirujuk ke RS Rujukan. Apalagi kalau situasinya di RS tipe D yang fasilitas minim, dan tidak ada ruang ICU. Pada pasien covid 19 yg kritis dan perlu penanganan lebih lanjut di RS Rujukan tetapi di RS rujukan itu ruang ICU dan ruang isolasi penuh. Terlalu berisiko bila ditangani di RS tipe D karena risiko terjadi kematian. Mohon saran dari teman sejawat untuk sistem rujukan nya bagaimana?

01 Desember 2020, 14:20

Alo dokter,

Ada pembicara di webinar mengatakan kita sebagai petugas kesehatan harus membantu pasien sedapat mungkin tanpa mencelakai diri sendiri.. Dalam prakteknya memang sulit ya Dok.. Saya pun belum paham kasus rujukan di tempat saya berpraktek, ijin ikut menyimak.

01 Desember 2020, 14:52
Ya, dok. Saya pernah dapat kasus paaien curiga covid 19, memang hasil rapid test nya non reaktif tetapi scoring covid nya 8 dan saturasi O2 nya 88, pasien juga mengalami penurunan kesadaran dan dispnoe. Sudah direncanakan untuk dirujuk tetapi tidak dapat kamar karena ruang ICU dan isolasi penuh. Kan pasien jadi menganggur di IGD. Malah kondisinya semakin kritis.