Menurunkan dosis steroid pada pasien dengan moon face yang tepat seperti apa - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Izin bertanya, apakah ada guideline khusus untuk menurunkan dosis penggunaan steroid baik pada pasien anak maupun dewasa? Jika muncul efek...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Menurunkan dosis steroid pada pasien dengan moon face yang tepat seperti apa

    12 Desember 2020, 08:30

    Alo dokter. Izin bertanya, apakah ada guideline khusus untuk menurunkan dosis penggunaan steroid baik pada pasien anak maupun dewasa? Jika muncul efek samping penggunaan steroid jangka panjang seperti moon face apakah steroid bisa langsung dihentikan atau tetap diturunkan secara bertahap? Terima kasih dokter.

12 Desember 2020, 09:01

Alo dokter, izin menjawab dan berbagi. 

Kortikostreroid sistemik memang secara luas dan banyak digunakan sebagai terapi pada berbagai gangguan autoimun maupun inflamasi. Disamping efek farmakologi dari golongan obat tersebut, penggunaan dalam jangka waktu lama (apalagi dengan dosis tinggi) memang ditemukan adanya hubungan efek samping yang serius pada sistem endokrin, muskuloskeletal, kardiovaskular, sistem saraf pusat dan gastrointestinal. Dengan banyaknya efek samping tersebut, sudah terdapat rekomendasi untuk meminimalisir dan mencegah efek samping yang akan muncul, antara lain skrining awal, menggunakan dosis rendah namun efektif dan monitoring.

Pasien harus tetap mendapat informasi mengenai efek samping yang dapat timbul ketika menggunakan kortikosteroid sistemik dan dianjurkan untuk melakukan modifikasi gaya hidup yang dapat mengurangi resiko kejadiannya.

Efek samping penggunaan jangka panjang kortikosteroid dapat mengenai segala usia (anak maupun dewasa) dan sudah ada rekomendasi tatalaksana terkait kondisi tersebut. Secara umum tidak langsus diberhentikan, namun dosis diturunkan atau bahkan diganti jenis kortikosteroid dengan potensi efek yang lebih rendah.

Penurunan dosis tersebut yang dikenal sebagai Tapering Down/ Off dan secara sederhana prosedur tersebut dilakukan dengan cara mengurangi dosis kortikosteroid yang digunakan secara bertahap dalam 3-7 hari dengan terus melakukan monitoring terhadap efek farmakologi ataupun rekurensi keluhan pasien, hingga dicapai dosis terendah hingga bisa diberhentikan total.

Untuk lebih jelasnya akan saya lampirkan Link terkait.

Mohon maaf jika ada kesalahan dan mohon masukan jika ada tanggapan lain. Tks

https://aacijournal.biomedcentral.com/articles/10.1186/1710-1492-9-30

12 Desember 2020, 10:27
dr. Willy
dr. Willy
Dokter Umum
ALO dr. Setyani,Ijin menambahkan Dok. Mengenai tappering down kortikosteroid, saya tidak menemukan evidence atau guidelinenya. Mungkin akan berbeda setiap penyakit atau pasien untuk mendapatkan dosis yang terendah dan efektif.Namun biasanya setelah loading dose 2-4 minggu, dosis steroid dapat diturunkan 1/4 - 1/2 dari dosisnya tiap 1-2 minggu.Dari pengalaman di RS bila timbul cushingoid appearance, dosis obat tetap diturunkan sesuai jadwal dengan tetap mempertimbangkan benefit lebih tinggi dibandingkan dengan risk. Dan tidak disarankan untuk menghentikan secara mendadak karena berisiko menyebabkan penyakit aktif kembali.Mungkin bisa dipertimbangkan imunosupresan lain (baik kombinasi dengan steroid maupun tunggal, tergantung dari indikasinya) untuk mengurangi penggunaan steroid maupun dosis loading/rumatan steroid sehingga dapat meminimalisir efek samping steroid.Saya lampirkan artikel alomedika mengenai pedoman klinis penurunan dosis bertahap pada penggunaan steroid.
https://www.alomedika.com/bagaimana-cara-melakukan-penurunan-dosis-bertahap-pada-penggunaan-steroidCMIIW, mungkin ada TS penyakit dalam yang bantu jawab.

13 Desember 2020, 22:19
Tappering off dokter