Menu puasa untuk program promil pasutri - Gizi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Wiji,Sp.GK.MKes, izin bertanya dok, untuk pasangan pasutri yang sedang promil dan puasa ramadhan, sebaiknya bagaimana ya dok untuk menu sahur dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Menu puasa untuk program promil pasutri - Gizi Klinik Ask the Expert

    12 April 2022, 15:38
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter Wiji,Sp.GK.MKes, izin bertanya dok, untuk pasangan pasutri yang sedang promil dan puasa ramadhan, sebaiknya bagaimana ya dok untuk menu sahur dan berbuka. Lalu suplemen apa yang perlu dikonsumsi. Berapa kira-kira kebutuhan nutrisi dalam kalori dan miligram dokter. Terimakasih dokter 🙏

12 April 2022, 16:56
dr.Wiji Lestari
dr.Wiji Lestari
Dokter Spesialis Gizi
Pada dasarnya kebutuhan untuk promil sama seperti dewasa sehat pada umumnya. Tetap konsumsi makanan dengan lengkap dan seimbang. Hindari makanan/minuman dengan gula tambahan/sederhana. Hindari makanan olahan/instan yang seringkali tinggi lemak trans, tinggi garam/sodium, berpengawet. Usahakan memgonsumsi bahan makanan sumber antioksidan yang banyak ada pada buah dan sayur yang juga merupakan sumber vitamin dan mineral.
Tidak perlu mengonsumsi suplemen bila makanannya sudah lengkap. Kebutuhan kalori setiap orang dapat berbeda, tergantung usia, aktivitas fisik dan kondisi penyerta (penyakit atau status gizi malnutrisi maupun obesitas)
12 April 2022, 17:17
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik dok izin bertanya lebih lanjut. Kalau untuk vitamin e dan asam folat apakah direkomendasikan juga dok?
12 April 2022, 19:14
dr.Wiji Lestari
dr.Wiji Lestari
Dokter Spesialis Gizi
Vitamin E dan asam folat sangat penting untuk fertilitas. Namun suplementasi belum tentu dibutuhkan. Belum ada bukti suplementasi rutin bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Terpenting adalah memastikan memenuhi kebutuhan harian melalui makanan sehari-hari. Angka kebutuhan gizi untuk asam folat adalah 400 mcg/ hari bisa didapatkan bila kita mengonsumsi sayuran hijau, buah dan kacang-kacangan, seafood, daging. Demikian juga vitamin E untuk memenuhi kebutuhan sesuai AKG 15 mcg/hari bisa didapatkan dari kacang-kacangan, minyak nabati, beberapa buah-buahan dan sayur. Memang akhirnya kekurangan  zat gizi seringkali terjadi akibat kurang lengkap dan bervariasinya makanan, bila memang kurang baru dapat dipertimbangkan pemberian suplemen.