Pasien post partum 14 bulan belum menstrual apakah terapi yang dapat diberikan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin bertanya dok, pasien post partum 14 bln blm mendptkan menstruasi dok, ibunya tdk menggunakan kb, dan masih memberikan asi ke anaknya tanpa sufor. Saat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien post partum 14 bulan belum menstrual apakah terapi yang dapat diberikan

    13 Juli 2021, 11:43
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Izin bertanya dok, pasien post partum 14 bln blm mendptkan menstruasi dok, ibunya tdk menggunakan kb, dan masih memberikan asi ke anaknya tanpa sufor. Saat ini tdk ada keluhan.

    Itu bgmn dok? Apa yg bisa kt lakukan di fasilitas pelayanan primer untk kasus spt ini dok. Terapi apa yg bsa kt berikan. Terima kasih dok ­čÖĆ

13 Juli 2021, 18:17
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alodok. Kesuburan pada pasien paska persalinan akan kembali dalam jangka waktu minimal 29 hari  tetapi dapat memanjang karena penggunaan asi ekslusif sampai diatas 6 bulan (metode amenore laktasi). Tetapi terkadang haid (dalam hal ini juga kesuburan) blm kembali diatas 6 bulan. Hal ini ada beberap hal yang harus dinilai terlebih dahulu. Pertama pastikan tidak sedang hamil kembali. Karena kesuburan akan datang dengan tidak didahului datangnya haid. Kedua jika memang sudah dipastikan tidak haid. Kemungkinan gangguan hormon. Nah untuk mengaturnya sebenarnya bisa menggunakan hormonal seperti pil KB. Tetapi akan mempengaruhi produksi ASI.
Jadi bisa dipertimbangkan pemakaian kb yang tidak mempengaruhi produksi asi  untuk meyakinkan bahwa tidak haidnya bukan karena kehamilan.
Kemudian faktor lainnya ada karena gangguan di tingkat lebih tinggi yaitu sheehan syndrome yaitu kerusakan di tingkat pituitary karena komplikasi perdarahan hebat saat melahirkan.
Bisa dikonsulkan ke spog terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.