Fitur chat bersama dokter digunakan sebagai tempat curhat pengguna, namun bagaimana cara menghadapinya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Keluhan-keluhan dari pengguna yang tergolong ‘curhat’ ataupun masalah pribadi sering ditemui oleh Interactive Medical Advisor Alodokter. Kadang, hal-hal...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Fitur chat bersama dokter digunakan sebagai tempat curhat pengguna, namun bagaimana cara menghadapinya

    10 Juli 2020, 17:05

    Keluhan-keluhan dari pengguna yang tergolong ‘curhat’ ataupun masalah pribadi sering ditemui oleh Interactive Medical Advisor Alodokter. Kadang, hal-hal seperti ini banyak dihindari oleh teman sejawat karena berbagai alasan dan biasanya akan dirujuk ke psikolog/psikiater oleh teman-teman sejawat agar informasi yang diberikan lebih relevan dengan keluhan yang diajukan.

    Tetapi, untuk kasus-kasus seperti ini, dokter dapat diharapkan untuk menonjolkan rasa empati serta mencoba membangun komunikasi yang baik dengan pengguna menggunakan percakapan yang interaktif. Tujuannya tidak lain agar pengguna dapat lebih tenang dan menerima kondisi yang dialami. Saat konsultasi berlangsung, dokter dapat sembari tetap memberikan informasi medis yang sistematis dan memberikan rekomendasi rujukan yang tepat.

    Pada akhir percakapan, dokter juga bisa menanyakan perihal kejelasan informasi pada pengguna. Sikap ini menonjolkan sifat care dan reassurance, sehingga dapat meningkatkan kepuasan user terhadap pelayanan chat bersama dokter. 

    Bagaimana menurut pendapat rekan sejawat sekalian? Adakah yang pernah menghadapi pasien yang curhat saat sesi telekonsultasi?

10 Juli 2020, 17:19
Wah, terima kasih infonya Dok. Memang sebagai dokter, punya bedside manner itu penting. Kadang user menggunakan aplikasi kita karena malu atau takut utk bertatap muka dg dokter, jadi harus kita berikan gestur tidak menghakimi dan rasa empati ya :)
11 Juli 2020, 10:22
Setuju dr. Gloria, terima kasih
10 Juli 2020, 17:24
dr.Meiriani Sari MSc, SpA
dr.Meiriani Sari MSc, SpA
Dokter Spesialis Anak
Iya setuju dok... karena terkadang sakit bukan berasal dr fisik saja. Setidaknya kita menunjukkan empati kita😊🙏
11 Juli 2020, 10:22
Betul dr. Meiri, terima kasih
11 Juli 2020, 10:55
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
Dokter Spesialis Psikiater
Setuju dok , bina raport  dengan empati dan tehnik penulisan nya sangat diperlukan untuk membuat mereka merasa aman curhat di chat ini. 
11 Juli 2020, 14:57
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Psikiater
Setuju dok.

Karena kemampuan empati atau membangun aliansi terapeutik tidak hanya perlu dimiliki oleh psikiater atau psikolog namun oleh semua tenaga medis🙏
13 Juli 2020, 11:29
Terima kasih dr. Rey infonya, cukup sering menemukan juga kasus ini.

Terkadang ragu juga untuk ambil pertanyaan dengan topik ini karena takut melebar. Namun, setelah ditanggapi ternyata user kebanyakan memang ingin didengarkan secara aktif saja. Malahan solusi atas permasalahannya bisa keluar dari user sendiri dan kita yang mengarahkan.