Fitur chat bersama dokter digunakan sebagai tempat curhat pengguna, namun bagaimana cara menghadapinya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Keluhan-keluhan dari pengguna yang tergolong ‘curhat’ ataupun masalah pribadi sering ditemui oleh Interactive Medical Advisor Alodokter. Kadang, hal-hal...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Fitur chat bersama dokter digunakan sebagai tempat curhat pengguna, namun bagaimana cara menghadapinya

    Dibalas 13 Juli 2020, 11:29

    Keluhan-keluhan dari pengguna yang tergolong ‘curhat’ ataupun masalah pribadi sering ditemui oleh Interactive Medical Advisor Alodokter. Kadang, hal-hal seperti ini banyak dihindari oleh teman sejawat karena berbagai alasan dan biasanya akan dirujuk ke psikolog/psikiater oleh teman-teman sejawat agar informasi yang diberikan lebih relevan dengan keluhan yang diajukan.

    Tetapi, untuk kasus-kasus seperti ini, dokter dapat diharapkan untuk menonjolkan rasa empati serta mencoba membangun komunikasi yang baik dengan pengguna menggunakan percakapan yang interaktif. Tujuannya tidak lain agar pengguna dapat lebih tenang dan menerima kondisi yang dialami. Saat konsultasi berlangsung, dokter dapat sembari tetap memberikan informasi medis yang sistematis dan memberikan rekomendasi rujukan yang tepat.

    Pada akhir percakapan, dokter juga bisa menanyakan perihal kejelasan informasi pada pengguna. Sikap ini menonjolkan sifat care dan reassurance, sehingga dapat meningkatkan kepuasan user terhadap pelayanan chat bersama dokter. 

    Bagaimana menurut pendapat rekan sejawat sekalian? Adakah yang pernah menghadapi pasien yang curhat saat sesi telekonsultasi?