Mengelola Chat User yang Tidak Merespons - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, Selama dokter menjadi Interactive Medical Advisor pasti pernah menemui keadaan dimana user tidak merespons pertanyaan dokter saat dilakukan upaya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mengelola Chat User yang Tidak Merespons

    Dibalas 23 Juli 2021, 19:51

    Alo dokter, 

    Selama dokter menjadi Interactive Medical Advisor pasti pernah menemui keadaan dimana user tidak merespons pertanyaan dokter saat dilakukan upaya anamnesis. Untuk saat ini guidelines Alodokter memperkenankan dokter sekalian untuk menutup chat yang tidak direspons oleh user lebih dari 30 menit semenjak terakhir anamnesis. Namun, sebelum menutup percakapan, ada beberapa hal yang harus dokter perhatikan kembali. Dokter dapat memberikan penjelasan mengenai info umum keluhan atau pertanyaan user serta memberikan kemungkinan penyebab, home management dan redflags serta saran kapan menemui dokter secara langsung. Diperlukan juga komunikasi dan cara penyampaian penjelasan yang baik seperti tidak terlalu panjang atau dipisah dalam beberapa bubble chat/kolom chat, menggunakan bahasa awam yang baik, interaktif, dan penuh empati. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kualitas informasi yang dokter berikan serta mudah dipahami oleh user.

    Bagaimana pengalaman rekan-rekan sejawat dalam hal seperti ini? Apakah ada kendala yang dialami? Mari kita diskusikan bersama.

     

23 Juli 2021, 15:32
dr.Suyanti, Sp.T.H.T.B.K.L
dr.Suyanti, Sp.T.H.T.B.K.L
Dokter Spesialis THT
Alo dok
Mungkin ada baiknyaa, dilengkapi dengan aplikasi read chat, sehingga kita bisa mengetahui apakah chat yang kirim sudah dibaca atau belum...bila memang sdh terbaca dan belum dibalas menurut saya waktu tunggu 30 menit terlalu lama, bila blm dibaca mungkin user ada kendala dijaringan atau konkesi internet ya, dan waktu 30 menit untuk menunggu mungkin dpt dipertimbangkanTerima kasihMakasih
23 Juli 2021, 17:34
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Terimakasih dok, memang seharusnya begituDan saran saya sebaiknya ada automatic disclaimer di awal chat. Semacam instruksi agar mengucapkan salam, merespon baik dalam chat serta menjaga tatakrama dgn baik hingga tuntas chat. User kadang setelah dpt yg dimau, pergi kabur begitu saja. Dan kadang ada yg ujug2 minta resep saja. 🙏😅
23 Juli 2021, 19:51
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Cocoknya 15 menit ya dok, krn terkadang volume pasien bnyk dan bagaimana kalau pasien membalas per 20 menit kan tentu ga enak di kita ya..
23 Juli 2021, 19:11
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alodok kebanyakan kalau di jam2 kritis ga enak. Setelah menyampaikan keluhan. Dan sudah dibalas dengan cepat oleh kita. Habis itu tidak ada balasan entah itu sibuk hal lain atau ketiduran. Padahal baru mencoba2 menganamnesis kemungkinannya. Lah ini blm dapat data apa2
23 Juli 2021, 16:17
Terima kasih atas informasinya dok...  Sebelumnya guidelinenya adalah 1 jam ya dok.. terima kasih sudah dirubah... begitu juga dengan respon time...
Mungkin setuju dipertimbangkan usulan dr. Suyanti, Sp.THT-KL ttg centang biru seperti di aplikasi chat..