Mengapa salah satu syarat donor plasma konvalesence pada kasus COVID-19 harus belum pernah hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin bertanya, adakah yang tahu mengapa salah satu syarat untuk donor plasma Konvalesence pada kasus COVID-19 harus tidak pernah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mengapa salah satu syarat donor plasma konvalesence pada kasus COVID-19 harus belum pernah hamil

    15 Desember 2020, 08:56

    Alo Dokter, izin bertanya, adakah yang tahu mengapa salah satu syarat untuk donor plasma Konvalesence pada kasus COVID-19 harus tidak pernah hamil?

    Terimakasih sebelumnya untuk informasinya.

15 Desember 2020, 10:11

Alo Dok,

Izin ikut berdiskusi ya, Dok. Sebenarnya saat ini studi terkait convalesence plasma untuk COVID-19 masih terbatas, tetapi dari yang saya tahu, wanita hamil (atau yang pernah hamil) tidak dianjurkan menjadi donor plasma secara umum karena kehamilan menimbulkan pembentukan antibodi terhadap human leucocyte antigen (HLA). Antibodi HLA ini dapat bertahan lama dan prevalensinya dilaporkan meningkat seiring bertambahnya jumlah kehamilan. Antibodi ini dikaitkan dengan terjadinya acute lung injury. Mungkin hal ini yang menjadi alasan ibu hamil atau yang pernah hamil tidak disarankan untuk menjadi donor plasma.

Untuk referensinya bisa ditinjau di jurnal ini ya, Dok:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2841001/

 

15 Desember 2020, 10:41
Izin menjawab, dok. Untuk syarat donor palsma konvalesence tidak dianjurkan pada wanita yang pernah hamil karena ada human leukocyte antigen (HLA), sehingga berisiko memberikan risiko alergi pada penerimanya, bisa menyebabkan reaksi transfusi seperti TRALI, sehingga dianjurkan pada laki-laki.