Memberikan solusi yang optimal dalam konsultasi telemedis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, di dalam konsultasi telemedis, terkadang kita mengatakan "tidak bisa diberikan obat karena belum melakukan pemeriksaan langsung" sehingga...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Memberikan solusi yang optimal dalam konsultasi telemedis

    03 Maret 2021, 14:50

    Alo Dokter, di dalam konsultasi telemedis, terkadang kita mengatakan "tidak bisa diberikan obat karena belum melakukan pemeriksaan langsung" sehingga terkadang user merasa belum puas karena belum mendapatkan solusi dari konsultasi tersebut. 

    Saat ini, peresepan obat sudah menjadi bagian dari konsultasi telemedis, meskipun pada beberapa kasus memang diperlukan pemeriksaan langsung terlebih dahulu untuk penanganan yang tepat. Namun, sebagai medical advisor kita diharapkan tetap dapat memberikan solusi yang optimal dengan mengutamakan patient safety. 

    Apa pendapat dokter mengenai hal tersebut? Apa saja yang perlu kita lakukan agar kita tetap dapat memberikan edukasi dan solusi yang optimal dengan tetap mempertimbangkan keamanan pasien dalam layanan konsultasi Chat Bersama Dokter?

03 Maret 2021, 15:03

Alo dr. Rose, izin ikut berdiskusi 

Setuju dokter, dikarenakan saat ini dalam telemedis peresepan obat sudah menjadi bagian di dalamnya, tentunya walaupun memang ada beberapa kasus yang diperlukan pemeriksaan secara langsung, jika memungkinkan kita dapat memberikan resep obat untuk mengurangi keluhannya sementara dan mungkin dapat ditambahkan juga untuk pemeberian home management non medikamentosanya. Sehingga diharapkan user tetap mendapatkan edukasi terhadap penyakitnya walaupun inti dari rekomendasi terhadap user untuk sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung.

03 Maret 2021, 20:45

Alo dr. Retma, terima kasih untuk sharing dan masukannya dok

03 Maret 2021, 19:39
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Saya lupa di undang2 ataun peraturannya yang mana sudah ditekankan batasan2 mana saja yang bisa ditangani lewat telemedicine. Kembali lagi apakah dengan anamnesis saja mendapatkan kemungkinan diagnosis yang tepat. Dulu disaat s1 selalu saya diberitahukan bahwa anamnesis dan pemeriksaan fisik dapat mendiagnosis 70 persen kasus. Nah jika anamnesis saja bagaimana?
Kembali lagi ke etika dan profesionalisme masing2 dokter. Menurut saya dikala saya belum bisa menegakkan diagnosis masih terdapat diagnosis banding yang banyak maka hati nurani saya akan spontan memberi batasan agar tidak meresepkan terlebih dahulu. Yang ada adalah anjuran segera kontrol face to face dengan dokter /spesialis ataupun obat simptomatik.
03 Maret 2021, 20:23

Alo dr. Shandy, terima kasih untuk sharingnya, sependapat yaa Dok, pada kasus tertentu yang memang diperlukan pemeriksaan fisik langsung ataupun pemeriksaan lanjutan, pastinya untuk keamanan user dan juga dokter, kita perlu menganjurkan agar user berkonsultasi secara langsung (face to face), namun poin yang perlu dijelaskan ke user adalah alasan mengapa saat itu user perlu di rujuk atau mengapa saat itu user belum bisa mendapatkan terapi definitif, sehingga dengan edukasi tersebut user dapat memahaminya dan tetap merasa mendapatkan solusi saat konsultasi. Terima kasih Dok.

03 Maret 2021, 20:20
Alo dokter Rose, saya sangat menyarankan untuk skrining pengguna aplikasi Alodokter lebih diperketat dan mungkin bisa dipertimbangkan untuk pembatasan waktu telemedicine misal maks sesi 15mnt, agar bisa meningkatkan keseriusan konsultasi dan keakuratan pasien saat menjawab pertanyaan yg diberikan oleh kita sebagai medical advisor.Bbrp kendala yg saya temukan dan mempersulit saya memberikan diagnosa dan tatalaksana yang sesuai adalah pasien tidak koperatif saat menjawab, tidak serius, dan seringkali menanyakan hal yang berulang2 (padahal sudah dijelaskan), karena ingin mencari pembenaran dari isu/gosip/tindakan yg berlawanan dengan anjuran medis.Jadi menurut saya selain meningkatkan ketrampilan kita sebagai medical advisor melalui CME yg diadakan alodokter, saya menyarankan agar skrining pasien diperketat, terutama dengan kemajuan teknologi ini, perlu diikuti penggunaan yang lebih bijak.Salam sehat dan selamat beraktivitas kembali
03 Maret 2021, 21:07

Alo dr. Ivan, memang untuk saat ini belum ada batasan waktu ya dok dalam chat, terima kasih untuk inputnya, akan menjadi catatan untuk kami ya dok. Mengenai kendala yang dokter alami saat menghadapi user, sebagai masukan, mungkin dokter bisa memulai dengan anamnesis yang sistematis dan kontekstual, saat mengajukan pertanyaan, dokter dapat menyertakan konteksnya terlebih dahulu agar user juga bisa mengerti tujuan dokter menanyakan hal tsb, sehingga konsultasi dapat berjalan secara efektif, dan ketika ada pertanyaan berulang, mungkin user merasa masih belum menemukan solusi saat konsultasi, atau masih ada poin dari penjelasan dokter yang belum dipahami, sehingga memang kita tetap perlu melakukan konfirmasi dan menjelaskan kembali, agar user bisa teredukasi dengan baik.