Membedakan scar hipertrofik dan keloid - Bedah Plastik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. M. Rachadian, Sp.BP-RESaya ingin bertanya Dok. Bagaimana ya membedakan diagnosis scar hipertrofik dan keloid secara lebih akurat? Setelah itu, untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Membedakan scar hipertrofik dan keloid - Bedah Plastik Ask the Expert

    05 Agustus 2021, 13:36
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. M. Rachadian, Sp.BP-RE

    Saya ingin bertanya Dok. Bagaimana ya membedakan diagnosis scar hipertrofik dan keloid secara lebih akurat? Setelah itu, untuk penatalaksanaannya, apakah ada perbedaan? Terima kasih, Dok.

05 Agustus 2021, 14:57
dr.Mohamad Rachadian Ramadan, SpBP-RE(K)
dr.Mohamad Rachadian Ramadan, SpBP-RE(K)
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Alo dokter,

 

Penampilan keloid dan hypertropic scar memang mirip, namun jika ditelaah lebih dalam dengan memperhatikan petunjuk: riwayat penyakit, daerah predileksi, pemeriksaan fisik, dan patologi anatomi. Maka dapat dengan mudah dilihat karena karakteristiknya yang berbeda.

Pada kasus penegakkan diagnosis keloid vs hypertropic scar yang sulit, dapat dilakukan analsis specimen dengan teknik histopathology untuk melihat: morphology, immunochemistry dan karakteristik dari fibroblast untuk membedakan.

 

Berikut baccan baik yang saya sarankan untuk keloid vs hypertropic scar: 

Burd, Andrew M.D.; Huang, Lin M.B.B.S., Ph.D. Hypertrophic Response and Keloid Diathesis: Two Very Different Forms of Scar, Plastic and Reconstructive Surgery: December 2005 - Volume 116 - Issue 7 - p 150e-157e doi: 10.1097/01.prs.0000191977.51206.43

 

Semoga menjawab, terima kasih

Hypertrophic_Response_and_Keloid_Diathesis__Two.19.pdf