Perbedaan dermatitis kontak iritan dengan dermatitis kontak alergi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, Saya sudah ikut CME terbaru tentang dermatitis, hanya saja belum terlalu paham membedakan gejala dermatitis kontak iritan dan alergika.Ada user...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perbedaan dermatitis kontak iritan dengan dermatitis kontak alergi

    22 Desember 2019, 17:25

    Alo Dokter, Saya sudah ikut CME terbaru tentang dermatitis, hanya saja belum terlalu paham membedakan gejala dermatitis kontak iritan dan alergika.


    Ada user 17 tahun mengeluhkan ruam di kulit setelah pakai zat pewarna rambut, gejala itu muncul setelah 4 kali diaplikasikan berulang 4 hari berturut turut. apakah bahan zat pewarna ini disebut alergen atau iritan. untuk onsetnya apa termasuk akut?


    Terimakasih atas masukannya Dok.

22 Desember 2019, 17:38
22 Desember 2019, 17:39
Nice sharing, makasih Dok.
22 Desember 2019, 17:43
22 Desember 2019, 17:39
Nice sharing, makasih Dok.
Sama sama dok, kalau dari gambaran melihat tabel aafp tadi sepertinya lebih ke alergi ya dok, dari area yang sepertinya tidak terekspos langsung dengan pewarna rambut, gambaran vesikel dan bulla, serta jelasnya batas-batas lesi
22 Desember 2019, 18:29
dr. Dinar Witasari, SpKK
dr. Dinar Witasari, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Kalau dermatitis kontak iritan, bisa terjadi pada siapa saja. Karena zat iritan akan memberikan efek yang sama pada setiap orang. Misal zat kimia asam akan memberikan efek iritasi bila terkena pada kulit, hal ini berlaku pada siapa pun.

Sedangkan dermatitis kontak alergi, terjadi hanya pada orang yang sensitif atau memiliki riwayat alergi terhadap zat tertentu. Misal seperti pada kasus yang dicontohkan yaitu pewarna rambut. Tidak semua orang alergi pada zat pewarna rambut. Ada yang tahan dan baik2 saja. Ada beberapa orang yang tidak tahan dan timbul gejala. 

Dermatitis kontak termasuk reaksi hipersensitifitas tipe 4 (delayed type hypersensitivity), dimana biasanya ada fase sensitisasi dulu setelah paparan pertama. 

Saya tambahkan tabel untuk membedakan DKA dan DKI
23 Desember 2019, 08:16
Sangat bermanfaat ilmunya Dok, terimakasih 🙏
23 Desember 2019, 08:43

Alo Dok,

Saya penasaran zat pewarna rambutnya diaplikasikan di rambut atau di tangan ya dok (banyak yang menggunakannya sebagai 'henna'), krn gambaran ruamnya terlihat sangat khas. 

Mengenai onset, biasanya kalau akut ada eritema dan edema, sedangkan kalau kronik akan terlihat lichenifikasi atau skuama. 

 

23 Desember 2019, 08:45
Iya Dok, user sengaja mengaplikasikannya sebagai henna, tapi zat pewarna yang dipakai bermerk Ta***o, sptnya bahan utamanya bukan inai.
23 Desember 2019, 08:52
23 Desember 2019, 08:45
Iya Dok, user sengaja mengaplikasikannya sebagai henna, tapi zat pewarna yang dipakai bermerk Ta***o, sptnya bahan utamanya bukan inai.

Nah, memang banyak sekali yang sering mengaplikasikan Tan***o karena relatif lebih awet dibanding henna. Mengenai gambaran klinis, saya rasa sulit dibedakan dok. Berikut saya jabarkan algoritme dermatitis ya dok. Semoga membantu. 

 

Ref: PPK Perdoski 

23 Desember 2019, 10:46
Terimakasih atas sharingnya Dok.