Memaksimalkan Notifikasi saat Mengambil Shift di Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter,Dalam suatu kondisi atau waktu tertentu, beberapa dari dokter mungkin mengalami kendala notifikasi Alomedika yang masuk terlambat ke handphone...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Memaksimalkan Notifikasi saat Mengambil Shift di Chat Bersama Dokter

    02 September 2020, 10:28

    Alo Dokter,

    Dalam suatu kondisi atau waktu tertentu, beberapa dari dokter mungkin mengalami kendala notifikasi Alomedika yang masuk terlambat ke handphone saat aktif mengambil shift menjadi Medical Advisor di Chat Bersama Dokter. Banyak hal yang memang dapat mempengaruhi notifikasi. Untuk memaksimalkan agar notifikasi Alomedika dokter tidak terhambat beberapa hal yang dapat dilakukan:

    1.      Menonaktifkan mode “battery saver” yang ada di handphone terutama saat dokter mengambil shift.

    2.      Mengaktifkan priority notification untuk Aplikasi Alomedika (cara terlampir untuk beberapa tipe handphone)

    3.      Me refresh aplikasi secara berkala saat dokter menjalani shift.

     

    Dari dokter mungkin bisa sharing tips lain yang pernah digunakan untuk memaksimalkan notifikasi saat mengambil shift di Chat Bersama Dokter dok?

    NOTIFIKASI ALOMEDIKA.pdf
02 September 2020, 11:01
Sudsh dicoba dok, tapi juga jika konsultasinya menumpuk, saat di scroll kebawah akan otomatis kembali ke notif paling atas dok, sehingga sering missed utk notif yang harus d scroll ke bawah

Mohon pengalaman dari dokter lainnya juga 🙏
02 September 2020, 11:13

Alo Dokter Fakhry,

Untuk respon lanjutan memang selain reminder dari notifikasi, boleh di maintain juga dok secara berkala pertanyaan dari user yang sudah dokter pick agar tidak terlewat. Hal ini lah yang mendasari di Pedoman Menjawab Alodokter disebutkan dokter dapat mengambil maksimal 3 pertanyaan dalam 1 waktu dan direspon terlebih dahulu agar dokter dapat lebih mudah me manintain pertanyaan yang dokter ambil.

 

02 September 2020, 13:29
Serupa dok, karena tdk ada notifikasi, meski sdg menjawab user lain kadang masih suka terlewat terutama utk pertanyaan langsung..
Beberapa x mencoba tips dokter tsb dan sampai uninstall namun blm berhasil..
Mungkin ada masukan TS lain dlm menghadapinya 
02 September 2020, 19:15
Alo dr. Cindy Claudia,
Biasanya terjadi sejak awal shift atau setelah berapa banyak pick pertanyaan dok? Dan apakah sudah pernah menyampaikan ke tim operasional saat kendala terjadi? Bila sudah pernah dan disarankan beberapa langkah praktikal apakah cukup membantu?
02 September 2020, 14:44
Notififikasi sering sekali jadi masalah,

Saya sudah berusaha semaksimal mungkin refresh, tapi sering kecolongan juga

Mudah mudahan dari pihak ALOMEDIKA bisa membereskannya

Nanti para dokter daoat rate yang jelek dari users

Terima kasih
02 September 2020, 19:10
Alo Dokter Roby Syah, Sp. KK,

Terkait masalah notifikasi yang akhirnya berdampak pada terlambatnya dokter merespon user, berdasarkan review terhadap sampel percakapan yang dilakukan oleh tim QC setiap minggunya  tidak terjadi di semua dokter dok. Hanya terjadi pada sebagian kecil dokter saja.

Dan kami juga selalu menyampaikan di setiap feedback terkait response time, bila notifikasi terlambat dokter dapat menyampaikannya kepada tim operasional apalagi bila dokter sudah maksimal dalam menerapkan beberapa tips di atas. Dan bila memang hal ini menjadi kendala besar bagi dokter kami terbuka untuk dokter menyampaikan hal ini ke tim operasional dan akan kami upayakan untuk dieskalasi ke tim terkait bila memang kendala berasal dari pihak kami😊.
02 September 2020, 19:56
02 September 2020, 19:15
Alo dr. Cindy Claudia,
Biasanya terjadi sejak awal shift atau setelah berapa banyak pick pertanyaan dok? Dan apakah sudah pernah menyampaikan ke tim operasional saat kendala terjadi? Bila sudah pernah dan disarankan beberapa langkah praktikal apakah cukup membantu?
Tidak di awal shift dok...
sdh disampaikan, disarankan persis spt yg dokter sarankan jg, sempat berhasil tapi belakangan ini kembali spt semula. Sudah dicoba lg namun x ini blm berhasil dok 
02 September 2020, 20:53
Seperti saya sebutkan di atas dok, memang untuk notifikasi bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa coba dimaksimalkan dengan cara di atas termasuk rutin clear cache apalagi saat dokter sedang menangani cukup banyak user dalam 1 waktu mungkin dok.
02 September 2020, 20:24
Yang saya pernah alami selain notifikasi yang terlambat, pernah juga sebaliknya sempat ada notif masuk, tetapi ketika saya buka, tidak muncul dalam chat dok. Jadi itu yang biasanya membuat terlewat karena dibuka beberapa kali masih belum muncul. Tetapi untungnya user bisa memahami terkait keterlambatan karena gangguan teknis seperti itu jadi saya tidak pernah melaporkan ke tim operasional.
02 September 2020, 20:56
Alo dr. Zulfiatul,

Setuju sekali ya dok. Bahwa komunikasi ke user menjadi penting apabila terjadi keterlambatan merespon sehingga user bisa lebih menerima Bila memang terdapat kendala boleh disampaikan ya dok.
03 September 2020, 00:12
dr.SK Sulistyaningrum, Sp.KK
dr.SK Sulistyaningrum, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
ALO Dok,

Tips di atas sdh dikerjakan namun msh ada juga kecolongan terutama pertanyaan baru saat menjawab pertanyaan yg lain,

Saat awal aplikasi notifikasi lancar namun pertengahan kerap melambat kdg sampai sdh jwb chat, baru masuk notifikasi chat baru, pdhl dikusinya sdh jalan 3-7menit sblmnya..

Yg lbh parah pernah Hp dipegang dan discroll bolak balik di menu diskusi, sblmnya tdk ada chat baru masuk, tiba2 ada 3chat sekaligus dan itu sdh >10menit yg lalu...

Problem lainnya saya pikir maksimal 4 chat sekaligus yg bisa jwb,
tp kenyataannya kadang2 5 user sekaligus masuk, koq bisa juga sistem kecolongan yaa chat masuk 5 user? Jd dipikir aman dan tenang udh 4 eh ternyata ada 1lagi bisa masuk😅

*edisi numpang curhat.

03 September 2020, 00:22
dr.SK Sulistyaningrum, Sp.KK
dr.SK Sulistyaningrum, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Oh yaa Dok, selain chat yg jd kendala juga adalah loading/membuka gambar yg dikirimkan kadang cepat, kdg lama bisa sampai 10menit, sampai disiasati udh diskusi panjang baru bisa terbuka gambar yg dikirimkan..

Akhirnya saya sampai ganti gadget pdhl gadget sblmnya jg udh khusus buat chat online,
Namun kendala waktu download gambar yg dikirim user ini msh ada, meski tdk separah sblmnya,

Nampaknya gadget ganti ada perubahan lbh cepat, apa krn gadget atau krn aplikasi saat ini sdh diperbaharui, saya juga kurang paham,

tp ga isntan jg si, tetap perlu 30detik s/d 3menit, mgkn tergantung resolusi gambar yg dikirimkan.
03 September 2020, 00:23
dr. Willy
dr. Willy
Dokter Umum

ALO!

 

Sedikit tambahan Dok, mungkin dokter bisa menonaktifkan notifikasi dari aplikasi lain yang Dokter rasa tidak memerlukan notifikasi. Kalau di handphone saya terdapat di pengaturan >> aplikasi & notifikasi. (Terlampir di gambar lampiran)

Serta sebelum mulai online bisa membersihkan notifikasi. Dengan drag layar handphone dari atas dan hapus semua notifikasi. (Terlampir di gambar lampiran)

Kedua hal tersebut bertujuan agar notifikasi dari Alomedika tidak tenggelam dengan yang lain. 

 

Kemudian Dokter bisa download aplikasi pembersih (salah satu contohnya C cleaner), dan dokter bisa bersihkan memori secara berkala handphone Dokter, terutama sebelum mulai online. Hal ini cukup membantu untuk memunculkan notifikasi Dok.

 

Notifikasi sudah menjadi salah satu concern kami, dan besar harapan bisa lebih baik lagi dari yang sekarang ini. Sehingga Dokter juga nyaman dalam melayani user saat konsultasi.

 

Semoga membantu ya Dok! Terima kasih.

03 September 2020, 05:04
dr. Agung Prabowo , Sp.PD, M.Kes, FINASIM
dr. Agung Prabowo , Sp.PD, M.Kes, FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Saya kalau pakai huawei telkomsel ga ada notif malah, coba ganti samsung tetap saja telat notifikasi y, masalah klasik sebenarnya 
03 September 2020, 05:35
Aplikasi alomedika di HP saya malah tidak bisa di beri notifikasi dok. Sudah berulang kali saya keluhkan tapi tidak ada follow up. Tulisannya this app hasn't sent you any notification
05 September 2020, 08:31
Saya juga mendapatkan kendala serupa, terutama untuk pertanyaan langsung dari pasien, sehingga sering terlewat lama, dan umumnya pertanyaan langsung masuk ke paling bawah daftar pertanyaan sehingga sering terlewat
07 September 2020, 09:14
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Psikiater
Alo dok,
Terima kasih untuk panduan caranya, saya setuju dengan TS lain. Kadang pertanyaan tertumpuk saat sedang membalas pertanyaan user lain. Notifikasi pun jika bersamaan datangnya sering menjadi tertumpuk-tumpuk dan akhirnya Lost... Terutama jika salah satu user sangat dominan dan tidak berhenti mengirimkan respons...
Mungkin ada baiknya juga dibuat notifikasi berapa jumlah user aktif yg saat ini ditangani agar bisa di cross check dan tidak terlewat.

Terima kasih.🙏