Pasien dengan keluhan adanya Massa dan Pus pada Regio Scrotum - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter. Saya mendapatkan seorang pasien dengan keluhan adanya benjolan pada daerah skrotum sisi kiri yang sudah berlangsung 1 minggu. Benjolan sebelumnya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan keluhan adanya Massa dan Pus pada Regio Scrotum

    07 Agustus 2021, 16:15
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter. Saya mendapatkan seorang pasien dengan keluhan adanya benjolan pada daerah skrotum sisi kiri yang sudah berlangsung 1 minggu. Benjolan sebelumnya disertai nyeri 3 hari yang lalu, namun saat ini tidak ada kecuali pasien berjalan. Demam disangkal. Pernah seperti ini sebelumnya dan berdasarkan pengakuan pasien benjolannya sempat mengecil dengan sendirinya. Demam disangkal. Riwayat trauma disangkal. Riwayat keluar nanah atau perih pada saat kencing disangkal.

    Dari hasil pemeriksaan fisik, didapatkan sebuah massa yang berada di bagian bawah dari scrotum. Konsistensi kenyal, mobile, tampak adanya kumpulan pus di sisi bawah dari benjolan (ditunjukkan pada gambar), nyeri tekan (-), hiperemis (-).


    Pasien tersebut saya berikan cefadroxil 2 x 500 mg selama 5 hari

    Apakah tatalaksana saya sudah tepat? Mohon petunjuknya dokter ­čÖĆ

09 Agustus 2021, 08:35

Alo dokter, kasus yang menarik.. melihat gmbaran lesi saya akan diagnosis pyoderma, jadi akan saya berikan antibiotik. Karena rekuren maka pasien sebaiknya diberikan edukasi terkait sanitasi dan hiegenitas genital luar.. CMIIW

10 Agustus 2021, 09:24
Alo Dok, Untuk abses biasanya konsistensinya lunak yaa, tp pada ps ini kenyal dan mobile shg msh ada kemungkinan kista.
Yg jelas krn ada eritema, edema, nyeri tekan dan pus ini sesuai dg tanda infeksi, pemberian antibiotik dan analgetik diperlukan Dok, Jika tdk membaik dg cefadroxyl, bs diberikan cefixime 2x 200mg atau clindamisin 2x 300mg selama min 5hr,Jika konsistensi benjolan melunak/sesuai gambaran abses, bs dibantu tindakan aspirasi/insisi agar penyembuhan lbh cepat. Semoga bermanfaat dan pasiennya lekas sembuh yaa Dok.