Masih validkah pemberian oseltamivir pada anak yang positif mengalami COVID-19 - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Theresia Santi, Sp.A,izin bertanya dokter.Apakah masih valid pemberian oseltamivir pada anak yang sudah positif COVID-19 dari hasil swab...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Masih validkah pemberian oseltamivir pada anak yang positif mengalami COVID-19 - Anak Ask The Expert

    20 April 2021, 09:08

    Alo dr. Theresia Santi, Sp.A,izin bertanya dokter.

    Apakah masih valid pemberian oseltamivir pada anak yang sudah positif COVID-19 dari hasil swab PCR?

    Terimakasih sebelumnya dokter atas informasinya.

20 April 2021, 09:34
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak

alo dr nurul. 

Pemberian oseltamivir sempat direkomendasikan dalam Panduan Tatalaksana COVID-19 IDAI edisi bulan Juni 2020. Saat itu pemberian oseltamivir lebih diindikasikan mengingat seringnya terjadi koinsidens COVID-19 pada anak bersamaan dengan influenza. Seiring perkembangan penelitian-penelitian antivirus terbaru, saat ini oseltamivir memang mulai kurang digunakan, karena memang lebih diindikasikan untuk terapi influenza tipe A dan B. Saat ini penggunaan antivirus Favipiravir mulai digunakan pada anak dnegan onfirmasi klinis ringan (dengan komorbid dan/atau imunokompromized). Dalam webinar-webinar IDAI dengan pembicara Divisi respirologi anak, hal ini sering disebutkan, agar digunakan secara selektif pada anak, mengingat penelitian antivirus pada anak juga masih terbatas. 

Pedoman tatalaksana COVID 19 pada anak, remaja dan neonatus yang terbaru saat ini masih menggunakan BUKU SAKU Protokol Kemenkes Edisi Kedua, Februari 2021, halaman 54 dan seterusnya.

20 April 2021, 09:41
Baik dr. Theresia, terimakasih banyak ayas informasinya dokter ☺🙏