Manfaat dan Keamanan Suntik Putih - Kulit Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Fresa Nathania, Sp.KK, izin bertanya dokter.Bagaimana efektivitas dan keamanan suntik putih untuk memutihkan kulit dokter? apakah misalnya hal ini...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Manfaat dan Keamanan Suntik Putih - Kulit Ask The Expert

    28 Mei 2021, 10:06

    Alo dr. Fresa Nathania, Sp.KK, izin bertanya dokter.

    Bagaimana efektivitas dan keamanan suntik putih untuk memutihkan kulit dokter? apakah misalnya hal ini boleh dilakukan oleh dokter umum saja atau harus dengan pengawasan dokter spesialis kulit?

    Terimakasih sebelumnya atas informasinya dokter.

28 Mei 2021, 11:16
Alo dokter!
Terimakasih atas pertanyaannya.Untuk keamanan  suntik putih tentu tergantung jenis obat yang disuntikan dan dosisnya.Biasanya obat yang digunakan pada suntik putih maupun infus mencakup vitamin C, E, glutation, kolagen, vitamin B1, B6, B12, dan bahan-bahan herbal lainnya.Secara umum suntik putih maupun infus pada dosis yang terukur tergolong aman, kecuali terjadi reaksi alergi yang tentu ada kemungkinan terjadi pada siapa saja.
Reaksi alergi dapat dicetuskan tidak hanya dari bahan aktif obat suntik atau infus namun bisa dari senyawa pelarut atau pengawet maupun pewarna dari obat tersebut.
Lebih aman jika dilakukan tes alergi lebih dahulu sebelum disuntikan.Juga dilakukan anamnesis lebih dulu mengebai kontraindikasi atau penyakit penyerta yang berkaitan dengan obat yang hendak disuntikan atau diinfuskan. Misal apa ada gangguan fungsi ginjal atau liver sebelumnya.Suntik ini secara kode etik dapat dilakukan oleh dr umum maupun dr spesialis dengan mempertimbangkan risiko serta manfaatnya.Semoga dapat membantu🙏🏻
28 Mei 2021, 11:24
Baik dr. Fresa, terimakasih banyak atas informasinya dokter. 🙏