Lin Hua Qingwen Jiaonang yang kerap marak dikonsumsi masyarakat awam untuk penanganan/pencegahan COVID-19 apakah sudah terbukti secara klinis mengenai manfaatnya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter saya memiliki pasien yang mengonsumsi obat Lianhua Qingwen Jiaonang, adakah TS yang mengetahui kandungan dan info seputar obat tersebut?

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Lin Hua Qingwen Jiaonang yang kerap marak dikonsumsi masyarakat awam untuk penanganan/pencegahan COVID-19 apakah sudah terbukti secara klinis mengenai manfaatnya

    02 Januari 2021, 21:29

    Alo dokter saya memiliki pasien yang mengonsumsi obat Lianhua Qingwen Jiaonang, adakah TS yang mengetahui kandungan dan info seputar obat tersebut?

02 Januari 2021, 21:46
Selamat malam Dokter, setahu saya obat tersebut merupakan obat herbal dengan kandungan beberapa jenis bahan seperti Fructus Forsythiae Suspensa, Glychyrrhiza Uralensis Radix, Gypsum Fibrosum, Herba Pogostemon Cablin, Houttuyniae Cirdata Herba, Isatidis Indigotica Radix, Lonicera Japonica Flos, Prunbi Armeniaceae Semen, Rheum Officinale Rhizoma, Rhizoma Dryopteris Crassirh.
IMHO kandunhan di dalam produk herbal ini dipercaya untuk mengurangi keluhan saat flu Dok. Produk dengan nama yang mirip yaitu Lianhua Qingwen Capsule saya coba cek di cekbpom juga terdaftar di BPOM ya Dok. 
Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan CMIIW 
02 Januari 2021, 23:28
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7437484/Ini ada penelitian dari obat tersebut dok, dan hasilnya juga lumayan baik.
03 Januari 2021, 01:19
Terima kasih dok masukannya, jika dibaca sepertinya obat tersebut memiliki manfaat untuk terapi COVID namun berdasar anamnesis yang saya lakukan setelah pasien mengonsumsi obat tersebut 4 kapsul, terdapat keluhan nyeri uluhati dan agak sesak, mungkinkah karena efek obat tersebut? Apakah obat tersebut seperti analgetik yang dapat mengiritasi lambung? 
03 Januari 2021, 05:54
Ma'af sebelumnya terus terang saya juga baru tahu obat tsb 2-3 mgg yll.
Biasanya yg saya tahu obat cina pd umum nya mengatakan obat gol corticosteroid, jd lebih baik pasien ditanya lbh dulu riwayat penyakit gastritis.
03 Januari 2021, 08:41
dr. Mizanul Adli, Sp.PD
dr. Mizanul Adli, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Selamat pagi, TS. Jika dilihat dari komposisinya, Lin Hua Qingwen Jiaonang (LHQJ) ini mempunyai efek anti oksidan dan mgkn anti inflamasi. Dari beberapa jurnal, LHQJ ini pernah diteliti pada pasien flu (non covid) dan mempunyai efek mempercepat perbaikan gejala jika ditambahkan pada terapi standar namun saya lihat sampel penelitiannya tidak begitu besar. Sedangkan pada covid, memang ada beberapa penelitian ( sampelnya juga tidak begitu besar) melaporkan perbaikan gejala yg lebih cepat pada pasien covid mild-moderate yg mendapatkan LHJQ dan terapi standar, namun belum terbukti pada pasien covid dgn severe condition.
Menurut hemat saya, LHQJ ini bisa ditempatkan sebagai complementary alternatif medicine (CAM) sambil menunggu penelitian lanjutan.
03 Januari 2021, 09:03
Terima kasih dokter atas informasi dan sarannya, sangat jelas dan membantu 🙏🏾