Cara memberikan antijamur topikal pada tinea pedis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang TS, ijin bertanya tentang Tinea Pedis yg sudah hampir seluruh celah jari2 kaki terkena, sampai terbentuk seperti ada lapisan di bawah. Untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cara memberikan antijamur topikal pada tinea pedis

    14 Februari 2020, 11:20
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat siang TS, ijin bertanya tentang Tinea Pedis yg sudah hampir seluruh celah jari2 kaki terkena, sampai terbentuk seperti ada lapisan di bawah. Untuk pencegahan dn penatalaksanaan apakah perlu medikasi luka untuk di buka terlebih dahulu lukanya kemudian di berikan antijamur? 

14 Februari 2020, 11:45
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dr. Anon!

Setahu saya antifungal topikal bisa langsung diberikan tanpa perlu luka dibuka terlebih dahulu karena penetrasinya baik ke dalam jaringan. Antifungal topikal yang dapat diberikan adalah golongan azole misalnya krim ketoconazole 2% atau antifungal allylamine seperti terbinafine.


Antifungal sistemik dapat dipertimbangkan pada subtipe tinea yang lebih resisten seperti tinea pedis tipe moccasin, pasien dengan infeksi kuku akibat jamur, atau pasien yang gagal terapi dengan terapi topikal.

14 Februari 2020, 11:48
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Selengkapnya dapat dibaca di artikel Alomedika berikut ini ya Dok:

https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenerologi/tinea-pedis/penatalaksanaan

14 Februari 2020, 12:57
Alo dok,
Apakah dokter sempat memfoto lesi pada pasien ini?


Untuk penatalaksanaan tinea yang tidak sembuh sebaiknya dilakukan evaluasi kembali, apakah memang diagnosa sudah tepat atau belum dengan lebih menggali melalui anamnesis dan pemeriksaan jamur menggunakan KOH.

Bila diagnosa dirasa sudah tepat, jangan lupakan kemungkinan pasien masih berkontak dengan barang-barang yang 'tertempel' dengan jamurnya. Misalnya, menggunakan sepatu yang tidak dibersihkan, menggunakan sepatu bergantian dengan orang lain (yang memiliki tinea juga), memelihara binatang, bercocok tanam tanpa memakai alas kaki, dan perilaku lainnya yang dapat beresiko menyebabkan tinea. Karena seringnya, pasien datang untuk berobat, namun tidak memperbaiki higiene dan masih berkontak dengan penyebab tineanya.

Selain memberikan pengobatan, berikan juga edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan diri serta apa saja faktor resiko terjadinya tinea.


Cmiiw ­čÖĆ
18 Februari 2020, 11:18

Alodok, izin menjawab pertanyaannya ya dok

Secara umum, pemberian antifungal topikal merupakan terapi adekuat pada penatalaksanaan tine pedis namun pada beberapa kondisi tinea pedis yang berat dapat dikombinasikan dengan antifungal oral seperti triazol, fluconazole, itraconazole, allylamine. Sedangkan terapi topikal dapat dipilih bebeerapa agen fungsidal atau fungsitatik seperti terbinafine, ketokonazole, mikonazole,dsb

Sejauh ini dalam medikasi tinea pedia yang berlapis-lapis saya belum ada menemukan jurnal/sumber yang mengharuskan lesi dubuka/ditipiskan dahulu.

 

sumber : https://www.researchgate.net/publication/236865866_Tinea_Pedis-_an_Update

19 Februari 2020, 20:44