Kunjungan pasien Ibu Hamil dengan BPJS ke Spesialis obgyn - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, apakah pasien ibu hamil kondisi normal, mendapat jatah BPJS untuk kunjungan USG ke dokter spesialis kandungan?

Diskusi Dokter

27 Februari 2022, 12:28
Alo Dokter,
IMO tidak bisa dok, kecuali ada rujukan dari FKTP. Begitu pun nanti dengan persalinan, kalau persalinan normal pun akan ditangani oleh bidan bukan dokter kandungan.
28 Februari 2022, 01:49
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih infonya dok :)
28 Februari 2022, 02:29
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Pelayanan kebidanan dan neonatal yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah (Panduan praktis pelayanan kebidanan dan neonatal, 2015) :
Pelayanan pemeriksaan kehamilan atau ANC diberikan dalam satu paket sebanyak 4 kali kunjungan
Persalinan
Pemeriksaan bayi baru lahir
Pemeriksaan pasca persalinan dan pelayanan KB
Pada kondisi kehamilan normal ANC harus dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama. ANC di tingkat lanjutan hanya dapat dilakukan sesuai indikasi medis berdasarkan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (Panduan praktis pelayanan kebidanan dan neonatal, 2015).Dari pihak POGI sedang mendorong adanya USG pada semua ibu hamil yg normal atau tidak minimal 2x sepanjang kehamilan dan merubah kebijakan 4x ANC menjadi 8x ANC agar bisa terkover BPJS sesuai dengan perubahan focused ANC menjadi ANC menurut WHO 2016
28 Februari 2022, 04:36
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih atas infonya dokter, semoga kedepannya setiap ibu hamil yg memiliki BPJS bisa mendapatkan fasilitas pelayanan usg selama masa kehamilannya.