Kontraindikasi rhinoplasty - Bedah Plastik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dr. Erythrina, Sp.BP-RE(K)Izin bertanya, Dok, mengingat cukup banyak pasien saat ini yang berminat menjalani rhinoplasty, kira-kira kondisi apa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kontraindikasi rhinoplasty - Bedah Plastik Ask the Expert

    07 September 2021, 13:11
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat siang dr. Erythrina, Sp.BP-RE(K)

    Izin bertanya, Dok, mengingat cukup banyak pasien saat ini yang berminat menjalani rhinoplasty, kira-kira kondisi apa saja yang menjadi kontraindikasi absolut rhinoplasty ya, Dok? Terima kasih.

07 September 2021, 13:22
dr.Erythrina Permata Sari
dr.Erythrina Permata Sari
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Terima kasih Dok, untuk pertanyaannya.

Untuk kontraindikasi absolut berarti penyakit yang tidak memungkinkan pasien untuk dilakukan tindakan operasi Dok, seperti gangguan perdarahan, gangguan metabolik yang akan mengganggu penyembuhan luka .

Untuk kontra indikasi relatif antara lain gangguan mental yang dapat menyebabkan pasien menjadi memburuk keadaan jiwanya setelah operasi, gangguan vaskular seperti hipertensi maupun diabetes mellitus, Body Dysmorphic Disorder. Pada keadaan keadaan ini , tindakan rhinoplasty tetap dapat dilakukan dengan persiapan yang baik meliputi informed consent, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang yang lengkap sehingga pasien sudah dalam keadaan "normal" saat dilakukan tindakan.

Demikian Dok, semoga dapat memberikan informasi.

Terima kasih