Ketentuan tes rapid antigen sebelum SBMPTN - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Theresia SpA.. bagaimana pendapat dokter terkait beberapa tempat ujian SBMPTN menetapkan pemeriksaan rapid antigen H-1 ujian? Apakah memang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Ketentuan tes rapid antigen sebelum SBMPTN - Anak Ask the Expert

    20 April 2021, 09:32

    Alo dr. Theresia SpA.. bagaimana pendapat dokter terkait beberapa tempat ujian SBMPTN menetapkan pemeriksaan rapid antigen H-1 ujian? Apakah memang bermanfaat untuk mendeteksi OTG. Kasian ada yang jadi tidak bisa ujian karena rapid Antigen nya reaktif, sedangkan menunggu hasil PCR hingga 3-5 hari waktu ujian sudah lewat.. 

20 April 2021, 10:50
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak

Alo dr Hudiyati.. Untuk tes rapid antigen, rekomendasi terakhir WHO 16 Desember 2020 menyatakan rapid antigen dapat digunakan sebagai tes diagnostik dalam penegakkan kasus COVID 19 pada tempat dan situasi tertentu. Kemenkes pun telah mengeluarkan Surat Keputusan terkait penggunaan rapid antigen sebagai diagnostik, namun dengan kriteria tertentu seperti kriteria A, dimana sarana RT-PCR terbatas dan tidak dapat didapatkan hasil dalam waktu kurang dari 24 jam.  Harga yang murah dan hasil yang cepat juga menjadi keunggulan rapid antigen untuk surveilence atau skrining. Namun memang seharusnya alat Rapid Antigen yang digunakan harusnya seyogyanya mengikuti rekomendasi daftar alat rapid yang memang direkomendasikan WHO. Begitu pula waktu dan cara pengambilan, harus sangat diperhatikan. Hal ini mengingat sensitifitas dan spesifisitas alat Rapid Antigen yang beragam. Karena hal ini pulalah, Rapid antigen yang positif tetap perlu diulang dengan Gold standar RT-PCR untuk memastikan hasil memang positif dan bukan false positive. 

Untuk rekomendasi Rapid Antigen dapat dibaca pada Panduan Kemenkes dan SK Kemenkes, mohon maaf tidak dapat saya upload filenya karena terlalu besar. 

 

20 April 2021, 11:14

terimakasih dokter..

nanti referensinya akan saya cari :)

22 April 2021, 16:28
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak
maaf baru menambahkan..ini saya share buku saku kemenkes edisi terbaru. terimakasih
Buku Saku Protokol Kesehatan ep. 2 rev final with page (1).pdf
22 April 2021, 18:11
Tks dr Theresia  Santi atas buku psnduan nya