Kelainan kulit telapak tangan dan kaki - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin berdiskusi.Wanita usia 30 th dengan keluhan gatal disertai pecah2 pada telapak tangan kanan dan kedua telapak kaki sejak kurang lebih 2 th...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kelainan kulit telapak tangan dan kaki

    04 November 2021, 10:06

    Alo dokter, izin berdiskusi.
    Wanita usia 30 th dengan keluhan gatal disertai pecah2 pada telapak tangan kanan dan kedua telapak kaki sejak kurang lebih 2 th yll. Keluhan bertambah berat dirasakan sejak 6 bulan terakhir, kulit menjadi sering kering, gatal, dan berdarah sendiri (terlihat bekas luka di foto). Riwayat kontak dengan air dan sabun, sering (hanya pada tangan). Pasien ibu rumah tangga, sehari2 mengurus anak dan bekerja di dapur. Tidak ada keluhan lain.
    Selama ini diobati dengan dexpanthenol (babycare, bephantene), atopiclair, mometason cream, dan physiogel lotion (kebetulan resep untuk masalah kulit anaknya sendiri)
    Pemeriksaan fisik dan tanda2 vital dalam batas normal.
    Mohon pencerahan diagnosis dan advis terapinya dok 🙏
    Terima kasih

04 November 2021, 11:16

Alo Dokter,

Izin ikut berdiskusi ya, Dok. Kalau melihat manifestasi klinisnya, apalagi untuk lesi yang sudah terjadi dalam jangka waktu panjang seperti ini, ada kemungkinan merupakan dermatitis atopi ya. Diagnosis bandingnya mungkin bisa berupa dermatitis kontak, lichen simplex, atau scabies. Mungkin pasien dapat ditanyakan tentang apakah penyakit kulit anaknya dan apakah di anggota keluarga lain ada penyakit serupa atau ada riwayat penyakit atopi yang lain. Jika benar merupakan dermatitis atopi, terapi dapat dilihat di link di bawah ya Dok. Namun, jika sudah pengobatan standar 4 minggu belum ada perbaikan, pasien mungkin sebaiknya dirujuk ke dokter spesialis kulit.

https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/dermatitis-atopik/dermatitis-atopik-eprescription

04 November 2021, 12:45
Terima kasih banyak sharingnya dok :)
04 November 2021, 14:30
Alo dokter, izin menjawab dokter kalo dari anamnesis sepertinya lebih ke arah dermatitis kontak iritan ya, karena px sering kontak dengan sabun, lalu klinisnya gatal dan kering pada telapak kaki & tangan + sampai berdarah pula, mungkin untuk terapinya bisa pakai pseudoceramide untuk kulit keringnya, dan penggunaan cream mometason boleh digunakan pada kulit yg tidak ada luka terbukanya, di edukasi juga dokter untuk menggunakan alas kaki/sarung tangan jika pasien mencuci baju (jk cuci manual) & saat mencuci piring 🙏