Kebiasaan anak mengemut makanan - Periodonsia Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dokter Nadia, Seringkali orangtua membiarkan anaknya mengemut makanan agar gizi masuk. Untuk edukasi kepada orang tua. Apakah ada penjelasan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kebiasaan anak mengemut makanan - Periodonsia Ask The Expert

    26 April 2022, 10:29
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat siang dokter Nadia, Seringkali orangtua membiarkan anaknya mengemut makanan agar gizi masuk. Untuk edukasi kepada orang tua. Apakah ada penjelasan yang mudah terkait bahaya kebiasaan mengemut makanan pada anak terhadap kesehatan gusi dan gigi? Apakah ada batas waktu makanan di dalam mulut yang aman?

     

26 April 2022, 11:35

Selamat siang dokter, terima kasih atas pertanyaannya

 

Kebiasaan anak mengemut berbahaya untuk gigi dan pertumbuhan rahang anak. Dengan mengemut, pH dalam rongga mulut kita menjadi asam dalam waktu yang lama sehingga menjadi tempat bertumbuh bakteri yang baik dan gigi pun dapat menjadi mudah berlubang. Selain itu, dengan mengemut perkembangan rahang menjadi kurang maksimal karena untuk pertumbuhan maksimal rahang diperlukan untuk aktif mengunyah.

 

Saat gigi berlubang, makanan menjadi mudah tersangkut di sela-sela gigi, sehingga dapat menimbulkan infeksi gusi pada anak, dan ketika lubang sudah mencapai saraf gigi, dapat menyebabkan "bisul" pada gusi, bernanah, dan pada kasus ekstrim dapat menimbulkan bengkak sampai terlihat di pipi. Jika hal ini terjadi, kesehatan gigi permanen yang ada di bawah gigi sulung pun dapat terganggu.

 

Saran dari saya untuk menjelaskan ke anak, dapat menggunakan media seperti buku kesehatan gigi untuk anak, boneka kesehatan gigi, ataupun jika anak sudah diijinkan dapat menonton video edukasi anak di internet.

 

Demikian dokter, semoga jawaban ini bermanfaat ya dok..