Kapan anak mulai rutin periksa gigi? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya memiliki pasien anak usia 2 tahun. Namun ibunya menanyakan hal diluar dugaan. Ibunya bertanya, kapan sebaiknya anak diajak untuk rutin...

Diskusi Dokter

09 April 2021, 14:33

Selamat siang Dokter, jika merujuk pada beberapa sumber berikut:

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=a-childs-first-dental-visit-fact-sheet-1-1509

https://healthblog.uofmhealth.org/childrens-health/when-should-a-child-see-a-dentist-for-first-time

untuk pemeriksaan gigi pertama pada anak, dianjurkan dimulai saat gigi pertamanya tumbuh atau saat usia 12 bulan, kemudian boleh diulang pemeriksaan rutin per 6 bulan sekali, untuk melihat kondisi gigi dan mulut anak Dokter. 

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan, CMIIW

09 April 2021, 15:02
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih dok
09 April 2021, 17:09
Alo Dokter,
Tanpa bermaksud mendahului para dokter gigiz saya coba kasi pendapat ya dok.Boleh saja saat belum tumbuh gigi utk mengetahui cara membersihkan gusi bayi, kapan tumbuh gigi dan kapan harus waspada, selain itu agar anak nyaman dulu dan tidak takut dgn suasana saat ke dokter gigi, lalu bisa diikuti saat anak kemudian diikuti kunjungan saat tumbuh gigi,  saat ada keluhan atau tiap 6 bulan sekali.Saya lampirkan referensinya sekaligus kartu gigi ya dok, kadang di daerah terpencil atau sangat terpencil kita kadang merangkap sebagai dokter gigi.
pmk892015.pdf
09 April 2021, 20:47
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih dok🙏
09 April 2021, 22:24
Alo dokter, 
Saya ijin menjawab untuk diskusi bersama ya.
artikel ADA ( American Dental Association) melalui https://www.mouthhealthy.org/en/babies-and-kids/first-dental-visit
menyarankan kunjungan anak ke dokter gigi sebaiknya dilakukan pada usia 1 tahun. namun, dilakukan bukan saat kondisi gigi anak sedang sakit. hal ini, dimaksudkan agar anak dapat diperkenalkan dan diedukasi untuk mengenal dokter gigi. perkembangan emosi anak menjadi perlu diperhatikan oleh orang tua pada saat kunjungan ke dokter gigi agar anak memiliki "pengalaman menyenangkan". Kunjungan dokter gigi selanjutnya dilakukan per 6 bulan sekali agar tindakan preventif dapat dilakukan jika ada abnormalitas rongga mulut maupun kebiasaan buruk yang menyebabkan malrelasi maupun maloklusi. 
09 April 2021, 23:36
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih, dokter.
11 April 2021, 09:27
Alo Dokter, perkenankan saya menjawab. Tindakan pencegahan penyakit gigi dan mulut dimulai dari umur 0 hingga seumur hidup. Jika ditanya usia berapa anak utk diperiksa giginya seraca rutin jawannya adalah pada usia pertama kali tumbuh gigi susu yaitu usia 6 bulan agar kesehatan gigi dan mulut lebih optimal dan juga harus membutuhkan perawatan gigi dan mulut dengan baik di rumah oleh ibu. Bukan hanya kesehatan gigi dan mulut anaknya yg harus diperhatikan tapi oral hygine ibu juga harus membutuhkan perhatian karena di kawatirkan adanya infeksi silang antara ibu dan anak.
Demikian jawaban saya, jika ada kesalahan kata-kata mohon dimaafkan. Terimakasih
11 April 2021, 10:56
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih, dokter.