apakah kandungan ASI dipengaruhi konsumsi ibu? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi TS, saya ingin menanyakan pertanyaan user kemarin. Apakah kandungan ASI berbeda saat mengonsumsi makanan2 yang bergizi atau sudah ada patokan...

Diskusi Dokter

28 November 2018, 10:10
selamat siang Dok..

kebetulan saya sedang tesis mengenai kandungan ASI, saya jawab menurut literatur2 yang sudah saya baca ya..

peneliitan mengenai asupan nutrisi dan kandungan asi masih diteliti lebih lanjut. banyak penelitian yg menunjukkan bahwa kandungan asi khususnya kandungan nutrisi dipengaruhi dari asupan nutrisi ibunya. rekomendasi selama ini, ibunya baiknya konsumsi makanan sehat yang terdiri dari karbohidart protein, lemak, vitamin dan mineral serta air putih. dan minum suplemen jika diperlukan, krn memang ada zat2 yg hilang jika menyusui, seperti kalsium, zinc, zat besi. 

justru jika memungkinkan menghimbau untuk menjalani penelitian mengenai ASI krn masih ada pro dan kontra mengenai auspan nutrisi memengaruhi ASI.

Cmiiw
28 November 2018, 10:58
Wah.. kebetulan sekali ya, dok. Terima kasih byk untuk sharingnya. Semoga lancar untuk thesisnya.
28 November 2018, 10:13
1 lagi dok, belum ada rekomendasi khusus untuk ibu menyusui, sedangkan sebenarnya salah satu masalah kekurangan nutrisi di Indonesia sumbernya bisa dari kandungan ASI, krn itu penelitian mengenai ASI sangat diperlukan.
28 November 2018, 12:12
Ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein lemak, sayur dan buah buahan dengan proporsi seimbang seperti dalam gambar piramidaku. Bila ibu merasa lapar tetapi belum waktunya makan besar (makanan utama, pagi siang dan malam), pilihlah sayur atau buah yang komponennya juga diperlukan untuk bayi.  Sayur sayuran yang mempunyai nila kandungan gizi baik karena mengandung banyak kalsium dan zat besi adalah sayuran mempunyai warna hijau. Daun katuk sangat terkenal di masyarakat sesungguhnya karena kandungan kalsium dan zat besinya tinggi. Sumber kalsium dari komponen susu boleh saja di jadikan alternarif tetapi pilihlah susu non fat, apalagi bila ibu sedang kelebihan berat badan.  Zat besi juga didapatkan pada daging merah misalnya (daging sapi, daging kambing ,hati) tetapi juga didapatkan pada sayur sayuran berwarna hijau. Zat besi sangat dibutuhkan bayi dalam perkembangan otaknya.  Disamping makanan ibu sebaiknya tetap istirahat cukup untuk mempertahan produksi ASI. 

sumber: http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/cairan-hidup-asi-bagaimana-mengoptimalkan-produksinya
28 November 2018, 12:16
Komposisi ASI tidak selalu sama, disesuaikan dengan kebutuhan bayi setiap saat. Komposisi ASI akan bervariasi tergantung usia bayi, sehingga ada yang disebut kolostrum, ASI peralihan, dan ASI matur. Komposisi ASI juga bervariasi dari awal hingga akhir menyusui. Foremilk (ASI awal) adalah ASI yang bening yang diproduksi pada awal penyusuan. Foremilk banyak mengandung laktosa dan protein. Hindmilk (ASI akhir) adalah ASI yang lebih putih pekat, diproduksi pada akhir penyusuan. Hindmilk banyak mengandung lemak yang sangat diperlukan sebagai sumber tenaga dan pembentukan otak.

sumber: http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/asi-sebagai-pencegah-malnutrisi-pada-bayi
29 November 2018, 10:15
Terima kasih banyak dr.Maya, sp.A untuk sharing ilmunya.