Invermectin apakah benar dapat digunakan untuk menangani pasien COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat Malam dok,Izin bertanya saya pernah baca guidline dari luar negeri tentang penanganan covid19 menyatakan bahwa Ivermectin dapat digunakan untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Invermectin apakah benar dapat digunakan untuk menangani pasien COVID-19

    11 Januari 2021, 21:34

    Selamat Malam dok,

    Izin bertanya saya pernah baca guidline dari luar negeri tentang penanganan covid19 menyatakan bahwa Ivermectin dapat digunakan untuk terapi covid19 namun saya sempat cek di google bahwa satgas covid19 tidak merekomendasikan Ivermectin. Kira-kira bagaimana ya dok? Mohon penejelasannya.

12 Januari 2021, 10:05

Alo Dokter!

Izin ikut berdiskusi ya, Dok. Teori bahwa ivermectin dapat digunakan untuk tata laksana COVID-19 berawal dari studi in vitro yang menunjukkan bahwa secara farmakologi, obat ini menghasilkan efek antivirus untuk SARS-CoV-2. Efek ini diduga berasal dari kemampuan ivermectin untuk menginhibisi viral IMPα/β1-mediated nuclear import yang kemudian menghambat replikasi virus dan menurunkan viral load.

Beberapa uji klinis in vivo kemudian dilakukan pada manusia untuk melihat apakah kemampuan farmakologis in vitro tersebut dapat terbukti efektif secara klinis juga. Dalam uji klinis tersebut, ivermectin dipadukan dengan doxycycline. Ivermectin dilaporkan dapat mengurangi keparahan penyakit dan mempercepat penyembuhan. Namun, studi-studi tersebut menyatakan bahwa uji klinis dengan skala lebih besar masih diperlukan untuk memastikan efek ini, karena saat ini data masih terbatas.

Organisasi-organisasi kesehatan internasional maupun nasional, termasuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Indonesia, masih belum merekomendasikan obat ini sebagai terapi COVID-19 karena data uji klinis in vivo yang ada masih sangat terbatas.

Berikut tinjauan lebih lengkapnya ya, Dok:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7521351/

https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/13102818.2020.1775118