Interpretasi hasil laboratorium HBSAg - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Saya memiliki pasien yang tidak memiliki gejala klinis yang berkaitan dengan hepatitis B. Pasien ini melakukan medical check up untuk pekerjaan....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Interpretasi hasil laboratorium HBSAg

    24 Maret 2022, 11:30

    Alo dokter. Saya memiliki pasien yang tidak memiliki gejala klinis yang berkaitan dengan hepatitis B. Pasien ini melakukan medical check up untuk pekerjaan. Pasien riwayat vaksinasi hepatitid B saat bayi & booster lengkap pada 4 tahun lalu.

    Pada tanggal 7 Maret 2022, hasil laboratorium di RS A menunjukan HBSAg non reaktif & anti HCV non reaktif.

    Kemudian, pasien kembali melakukan MCU di RS Kota lain pada 17 Maret 2022 (hasil baru keluar tanggal 21 Maret 2022) dan didapatkan hasil HBSAg reaktif dengan COI 1,18 dan anti HBS > 1000. RS tersebut menyarankan dilakukan pemeriksaan HBV DNA.

    Pada tanggal 21 Maret 2022, pasien kembali melakukan pemeriksaan HBSAg & HBV DNA di RS lain dan didapatkan hasil HBSAg non reaktif serta HBV DNA kuantitatif not detected.

    Untuk hasil SGOT SGPT pasien juga dalam batas normal

    Jadi, bagaimana interpretasi dari hasil laboratorium pasien ini? Apakah pasien ini terinfeksi hepatitis B atau tidak? Terimakasih

24 Maret 2022, 18:49

ALO dok, saya coba menjawab ya dok. Pada kasus di atas, ditemukan kecurigaan terjadinya infeksi akut yakni HBsAg positif dan Anti HBs positif. Lalu kemudian kedua tes tsb menjadi negatif. Pada kasus ini diperlukan pemeriksaan Anti HBc untuk konfirmasi apakah hasil tersebut terjadi krn infeksi akut atau penyebab lainnya. 

Bila AntiHBc nya positif, pada kasus ini bisa diinterpretasikan dalam berbagai kemungkinan yakni infeksi dalam pemulihan, false positive, atau infeksi kronik.

Untuk interpretasi serologi tes hepatitis B selengkapnya dapat dibaca di artikel CME berikut: https://www.alomedika.com/memahami-hasil-pemeriksaan-serologi-hepatitis-b

Mohon koreksinya ya dok

 

Terimakasih.

 

24 Maret 2022, 19:04
Terimakasih dokterUntuk interpretasi HBV DNA negatifnya bagaimana nggih dok?
24 Maret 2022, 19:16
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dokter, izin memberi pendapat, dok. Menurut saya bisa saja terjadi kesalahan sampling atau kesalahan saat input data ke komputer. Kemungkinan itu yg terjadi pada hasil lab yg tgl 17 Maret. Lab yg ketiga tgl 21 Maret memastikan semuanya, karena selain mengulang HBsAg dgn hasil negatif juga menunjukkan hasil HBV DNA yg konsisten,  yaitu tidak terdeteksi.
24 Maret 2022, 19:20
Terimakasih dok atas pencerahannya 🙏☺️
30 Maret 2022, 15:15
Terimakasih banyak dokter atas ilmunya 🙏