Integrasi Rating dan Review di Chat Bersama Dokter dan Booking Dokter ALODOKTER - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter!Di tengah perkembangan teknologi digital, mau tidak mau, dunia kedokteran perlu beradaptasi dan mengikuti kemajuan jaman. Salah satu hal baru...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Integrasi Rating dan Review di Chat Bersama Dokter dan Booking Dokter ALODOKTER

    Dibalas 18 Juli 2021, 08:23

    Alo Dokter!


    Di tengah perkembangan teknologi digital, mau tidak mau, dunia kedokteran perlu beradaptasi dan mengikuti kemajuan jaman. 


    Salah satu hal baru dalam layanan kedokteran adalah kesempatan bagi pasien untuk memberikan feedback terhadap layanan dokter, baik saat Chat maupun saat temu langsung melalui fitur Buat Janji. 


    Adanya feedback dari pasien, selain untuk memberikan masukan untuk perbaikan kualitas layanan, juga sangat berdampak terhadap reputasi dokter. Di era konvensional, pasien umumnya akan mencari dokter berdasarkan rekomendasi teman atau keluarga. Namun, di era keterbukaan informasi seperti saat ini, pasien juga bisa memilih dokter berdasarkan dari review pasien-pasien sebelumnya. 


    Untuk hal ini, Alodokter-Alomedika merupakan salah satu pioneer dalam melakukan rating dan review dokter di Indonesia. Mohon masupan rekan sejawat sekalian mengenai pandangan sejawat menilai hal ini.


    Selain itu, Kami juga ingin menginformasikan bahwa Untuk ALODOKTER sendiri rating dokter di Chat Bersama Dokter akan terintegrasi dengan rating Dokter di Buat Janji, sehingga hal ini dapat membantu angka kunjungan pasien ke Dokter.


    Jika sejawat memiliki pandangan dalam hal ini, ataupun ingin sharing pengalaman setelah bergabung dengan tim Medical Advisor Alodokter, mari berdiskusi di forum ini :)


    Berikut Saya lampirkan contoh review di profil dokter di Alodokter.


19 Februari 2020, 15:23
Fitur ini sangat membantu, minimal sebagai medical advisor kita bisa tau seberapa puas sih klien dengan jawaban kita. Cukup meningkatkan motivasi dan semangat untuk lebih baik lagi dalam menjawab pertanyaan2.

Boleh saran, kalau bisa hadirkan fitur Read chat, supaya kita tau juga kalau jawaban kita sudah dibaca oleh user, karena kadang saya suka kepikiran, ini user udah baca apa belom ya. 
Sukses terus alodokter dan alomedika
19 Februari 2020, 15:52
Noted. Terima kasih banyak inputnya Pak Eduardus :) 
05 April 2020, 08:56
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Setuju ini kak
30 Juni 2021, 09:15
dr.Ika Sedar Wasis S Sp.N
dr.Ika Sedar Wasis S Sp.N
Dokter Spesialis Saraf
Setuju .. karena banyak pasien yg ngilang juga... setelah beberapa jam muncul kembali, padahal sudah kita end chat.., akhirnya kita d kira mengakhiri sepihak
19 Februari 2020, 15:24
AloDok!
Ijin kasih masukan. Sebaiknya review bisa diberikan oleh user dengan batas maksimal misal 3x24 jam setelah percakapan ditutup.
Krn ada user sudah hampir 1 bulan baru memberikan review dan isi reviewnya bertolak belakang dg isi chat.
Terima kasih.
19 Februari 2020, 15:53
Noted. Terima kasih banyak atas inputnya ya Dok :)
05 April 2020, 08:57
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Betul dok 🙏
19 Februari 2020, 15:24
AloDok!
Ijin kasih masukan. Sebaiknya review bisa diberikan oleh user dengan batas maksimal misal 3x24 jam setelah percakapan ditutup.
Krn ada user sudah hampir 1 bulan baru memberikan review dan isi reviewnya bertolak belakang dg isi chat.
Terima kasih.
18 Juli 2021, 08:23
Alo dokter, sangat mendukung sekali dengan adanya review dari user ini. Bisa menjadi masukan yang membangun. Tapi terkadang ada user yang memberikan review tidak puas karena kami tidak dapat memenuhi keinginan user. Sebagaimana yang pernah saya alami beberapa waktu lalu. Ada user yang menderita abses gusi dan batuk pilek. User menginginkan saya untuk meresepkan obat untuk bengkaknya sekalian dengan obat batuk pileknya yang dalam hal ini bukan kompetensi saya. Dan saya menolak untuk memberikan obat batuk pileknya. Dan saya mendapatkan review tidak puas dari user.
18 Juli 2021, 06:52
Terima kasih dr. Alni membuka ruang diskusi terkait hal ini. Mohon untuk kita bisa diberikan ruang tuk melihat percakapan sebelumnya dengan pasien karena beberapa pasien yang berkunjung 2-3kali mengira dokter sudah paham dengan mereka, mengira mungkin ada fasilitas membaca chat mereka sebelum itu jadi jarang sekali yg melampirkan screenshot percakapan sebelumnya. Untuk scrolling pasien kembali sangat makan waktu dan belum tentu ketemu kalau sudah tertumpuk ratusan pasien lain. Semoga alo dokter bs memunculkan fitur ini ya dok
21 Februari 2020, 09:09
Kurang lebihnya sama dengan TS lain terkait usulan fitur 
1. Review untuk pasien , agar pasien juga tidak semena-mena mereview dokter nya seperti TS lain padahal pasien yang pertanyaannya jauh melenceng , beda topik,  bahkan hanya curhat sudah dilayani sampai berjam jam tidak selesai justru memberikan bad review ke dokter . Dari diskusi dengan TS lain pun ada beberapa pasien yang tidak direkomendasikan untuk diambil karena bertanya berputar-putar terus, sebaiknya yang begini diberitanda
2. Read Message agar tahu kapan harus close menunggu 1 jam setelah tidak respon atau bisa beberapa menit saja setelah di read tidak dibalas. Ini juga membuat backlog karena tidak bisa ambil pertanyaan lain sedangkan user yang lama tiba2 menjawab walaupun dengan ucapan terimakasih atau oke saja tetap menghambat pick pertanyaan berikutnya
3. Batasan yang jelas bagi pasien untuk menanyakan 1 topik pada 1 sesi chat
4. Tanda pada chat jika dokter masih menjawab pasien lainnya 
5. Fitur sembunyikan chat bagi pasien sebaiknya tetap dapat diakses dokter ya , bagaimanapun rekam medis pasien harus diketahui dokter yang terlibat sebelum atau setelahnya. Beberapa pasien menanyakan hal berulangkali berputar-putar, namun histori chat tidak ada. Jadi tidak tahu apakah ini pasien nya udah pernah menanyakan dengan berputar2 ke dokter lain apa belum. 
26 Februari 2020, 07:16
dr. Syah Rini Sp. OG, M. Kes
dr. Syah Rini Sp. OG, M. Kes
Dokter Spesialis Kandungan
Iyah..setuju banget....
05 April 2020, 09:41
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Betul dok, hampir sama dengan platform gojek kan juga bisa kita menilai usernya dok 
19 Februari 2020, 17:01
Alodok

Fitur ini sangat baik dan bermanfaat.


Saya hanya ingin memberi masukan untuk aplikasi, 
1. Saran saya ada fitur search di bagian "jawaban saya", karena kadang ada user yang sudah lama chat dan baru chat lagi untuk memberi perkembangan kondisi nya.
Cukup sulit jika harus menggali ke bawah melihat chat yang telah lalu.

2. Lalu masukan saya dalam fitur chat ada pilihan balas seperti di WA agar bisa merespon jawaban sesuai pertanyaan. 

3. Saya setuju dengan masukan Pak Eduardus utk fitur Read Chat 

Terima kasih.
05 April 2020, 09:15
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Ide yang luar biasa bagus, setuju 🙏
30 Juni 2021, 09:17
drg.Israyani, Sp.PM
drg.Israyani, Sp.PM
Dokter Gigi Spesialis
Sangat setuju ...
21 Februari 2020, 19:33
dr.Bill Jones Tanawal, Sp.N
dr.Bill Jones Tanawal, Sp.N
Dokter Spesialis Saraf
21 Februari 2020, 09:09
Kurang lebihnya sama dengan TS lain terkait usulan fitur 
1. Review untuk pasien , agar pasien juga tidak semena-mena mereview dokter nya seperti TS lain padahal pasien yang pertanyaannya jauh melenceng , beda topik,  bahkan hanya curhat sudah dilayani sampai berjam jam tidak selesai justru memberikan bad review ke dokter . Dari diskusi dengan TS lain pun ada beberapa pasien yang tidak direkomendasikan untuk diambil karena bertanya berputar-putar terus, sebaiknya yang begini diberitanda
2. Read Message agar tahu kapan harus close menunggu 1 jam setelah tidak respon atau bisa beberapa menit saja setelah di read tidak dibalas. Ini juga membuat backlog karena tidak bisa ambil pertanyaan lain sedangkan user yang lama tiba2 menjawab walaupun dengan ucapan terimakasih atau oke saja tetap menghambat pick pertanyaan berikutnya
3. Batasan yang jelas bagi pasien untuk menanyakan 1 topik pada 1 sesi chat
4. Tanda pada chat jika dokter masih menjawab pasien lainnya 
5. Fitur sembunyikan chat bagi pasien sebaiknya tetap dapat diakses dokter ya , bagaimanapun rekam medis pasien harus diketahui dokter yang terlibat sebelum atau setelahnya. Beberapa pasien menanyakan hal berulangkali berputar-putar, namun histori chat tidak ada. Jadi tidak tahu apakah ini pasien nya udah pernah menanyakan dengan berputar2 ke dokter lain apa belum. 
Sangat setuju. Mungkin bisa diberi batasan juga berapa lama total waktu konsultasi. Karena ada bbrp pasien yang lama membalas chat dokter (misalnya setiap 30menit baru dibalas), sehingga total waktu chat bisa sampai berjam2 dan menjadi tidak efektif. 
Banyak pasien juga yang sering menanykan bbrp prtnyaan yg tidak berhubungan dan memaksakan dokter memberikan resep obat. Sebaiknya rules di chat alodokter jg hrs diketahui pasien. 
05 April 2020, 07:36
dr.Eddy Chandra, SpPD
dr.Eddy Chandra, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodok dr.Alni.. saya setuju dengan masukan2 TS di atas. Sedikit masukan mungkin ada baiknya ada Kalau ada aplikasi alomedika di desktop dok agar lebih memudahkan.. Terima kasih
18 Juli 2021, 01:06
dr.Bambang Kurniawan
dr.Bambang Kurniawan
Dokter Layanan Primer
Mohon maaf caranya bagaimana, ya Bu saya selalu kirim lamaran dan validasinya lama, lalu dapat balasan lamaran anda ditolak. Andaikan di terima saya pun mau bantu bantu ibu.
18 Juli 2021, 06:48
drg. Akhsanal Fauzi Sp.BM
drg. Akhsanal Fauzi Sp.BM
Dokter Gigi Spesialis
Pertanyaan dok apakah utk menentukan rating apakah hanya didasarkan like user? Krn menurut  tdk selalu pasien memberikan like pada akhir chat dan kadang hanya mengucapkan terima kasih.. dan menurut sy agak kurang tdk tepat jika sbg konsultan medis kita meminta user utk memilih like sebelum chat ditutup, krn kesannya kita seperti komersil atau mementingkan rating tanpa didasarin niat utk membantu kesulitan/keluhan pasien
18 Juli 2021, 06:51
ALO Dok, dapatkah ditambah kan fitur terkait konsultasi yg di klik hanya utk 1 pasien, sehingga pasien tidak mengkonsultasikan seluruh anggota keluarganya hanya dengan 1x klik konsultasi dokter. Dan terkait review pasien, meskipun ini berupa Telemedicine dan konsultasi online namun tetap saja prestige profesi dokter harus tetap terjaga dan dijaga, maka perlu adanya filter terkait review negatif pasien, seperti misal yg telah disampaikan bbrp sejawat sebelumnya, pasien lebih 30 menit tidak menjawab balik (begitu di end Chat karena uda hampir 24 jam ternyata memberi review negatif), tidak ada notif di hape dokter terkait adanya pasien konsultasi baru, sudah dijawab dan dijelaskan detail namun pasien tidak kunjung mengerti, dll. Terkait aplikasi resep ALO juga harus lebih siap tanggap dan bergerak cepat, karena ada pasien hingga 2 hari obat tidak kunjung datang padahal sudah bayar 498rb, WA di nomer yg dianjurkan pun tidak mendapatkan response. Semoga menjadi perhatian. Terimakasih, sehat selalu. 🙏🏻
19 Februari 2020, 15:10
Mohon maaf dok, sy mau bertanya status sy msh disini msh dlm review. Mau tau sampai berapa lama dilakukan review?
19 Februari 2020, 15:52
Alo Dokter, untuk spesialis APPLY-nya tidak melalui aplikasi Alomedika namun bisa email ke alni@alodokter.com atau  bisa langsung melalui tautan berikut tiny.cc/alo-kulit 

Terima kasih :)
19 Februari 2020, 16:03
Sy sdh mengajukan via email tp status sy msh review. Sy tdk tau alasan blm di validasi. 
19 Februari 2020, 17:12
Oke Dok, nanti Saya bantu cek ya. Terima kasih :) 
25 Februari 2020, 21:05
dr. Renny A. Puspitasari, Sp.PD
dr. Renny A. Puspitasari, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Mhn info dokter Alni, status saya juga msh dalam review dan belum tervalidasi. Umumnya untuk review memerlukan waktu berapa lama? Terima kasih.
05 April 2020, 08:52
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Semangaat ya dok, semoga segera bergabung di alodokter, terutama ditengah situasi covid 19, lebih banyak masyarakat yang memerlukan teman-teman sejawat. 🙏
19 Februari 2020, 17:58
dr. Hendra Gunawan SpPD
dr. Hendra Gunawan SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
setuju dok, apalagi kalo ada fitur buat janji, memudahkan pasien mencari kita. Selain itu, sedikit masukan adanya read message, dan batas maksimal pasien tidak menjawab dipersempit dok.
23 Februari 2020, 17:27
Setuju dengan dokter, karena beberapa pasien setelah chat bisa tidak direspon oleh mereka hingga berjam jam bahkan 3 jam lebih. Seringkali saya pribadi agak kurang nyaman utk izin close diskusi. Alangkah baiknya jika dari alodokter yang menghentikan chat jika sudah lebih dri batas waktunya dan tidak direspon kembali oleh pasien. Tks
05 April 2020, 09:39
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Boleh juga dok idenya 🙏😁
20 Februari 2020, 22:45
dr.Oky Trisdiana Wahyat
dr.Oky Trisdiana Wahyat
Dokter Spesialis Bedah
Saya dalah status review, berapa lama ya? Kan ada pertanyaan test, itu kapan ya?
20 Februari 2020, 22:53
Alo dokter. Daftarnya lewat Aplikasi Alomedika atau Shortlist Alodokter? Karena untuk spesialis belum bisa apply dari Aplikasi ya dok. Tolong di-email saja detailnya ke email saya di alni@alodokter.com -- terima kasih
05 April 2020, 09:17
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Semangaat ya dok, semoga segera bergabung di alodokter, terutama ditengah situasi covid 19, lebih banyak masyarakat yang memerlukan teman-teman sejawat.