Infeksi Saluran Kemih pada Anak - Urologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Wempy, Sp.USaya ingin bertanya, untuk kasus infeksi saluran kemih pada anak-anak (terutama yang berusia <1 tahun) bagaimanakah cara diagnosis yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Infeksi Saluran Kemih pada Anak - Urologi Ask the Expert

    21 Januari 2021, 10:56
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, dr. Wempy, Sp.U

    Saya ingin bertanya, untuk kasus infeksi saluran kemih pada anak-anak (terutama yang berusia <1 tahun) bagaimanakah cara diagnosis yang terbaik? Mengingat anak-anak belum bisa memberitahukan keluhan mereka secara spesifik (misalnya nyeri saat mikturisi) dan keluhannya biasanya sangat general seperti rewel atau hanya demam derajat rendah. Hasil urinalisis/dipstick test pun kadang kurang spesifik. Apakah harus kultur urine? Terima kasih, Dok.

21 Januari 2021, 12:24
dr. Wempy Supit Sp.U, FACS
dr. Wempy Supit Sp.U, FACS
Dokter Spesialis Urologi

AloDok, pada anak <1 tahun sebaiknya pemeriksaan fisik untuk menilai apakah ada radang sekitar saluran kencing karena diaper rash (perempuan: erythema vulva / perineal / orificium urethra, laki2: lihat juga apakah ada phimosis). 

Pemeriksaan tambahan yang dapat dilakukan termasuk urine lengkap / kultur bila berulang, dan juga USG abdomen. Umumnya cefixim syrup diresepkan oleh ts. spA, dosis sesuai berat badan.