Hipotensi Ortostatik pada Pasien CHF - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, mohon izin konsul,Bagaimanakah tatalaksana pasien Chronic Heart Failure dengan tensi rendah, sampai pasiennya pernah jatuh karena tiba-tiba merasa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Hipotensi Ortostatik pada Pasien CHF

    08 Maret 2019, 22:24

    Alodokter, mohon izin konsul,

    Bagaimanakah tatalaksana pasien Chronic Heart Failure dengan tensi rendah, sampai pasiennya pernah jatuh karena tiba-tiba merasa pusing berkunang-kunang saat berdiri tiba-tiba dari posisi duduk.

    Pasien merupakan wanita usia 70 tahun, rata-rata tensinya memang 100/70 mmHg, dengan pengobatan rutin lisinopril 1 x 2,5 mg dan furosemide 1 x 20 mg. Sudah pernah disetop furosemidenya, tetapi beberapa hari mengeluh sesak kembali.

    Mohon advisnya dok, terima kasih sebelumnya.



09 Maret 2019, 12:24
dr.Hengky
dr.Hengky
Dokter Umum
Halo Dok , menurut pendapat saya sebenarnya kalo td rata2 td 100/70 Dengan map 80 tensinya termasuk tidak rendah, memang pada pasien CHF dan usia tua respon baroreseptor adakan menurun untuk kompensasi regulasi tensi 

Dapat diedukasi Pasien untuk tidak berdiri secara tiba-tiba
Dan menarik nafas dalam ( dengan tujuan meningkatkan preload dan venous return akibat peningkatan tekanan negatif intrathorak)
09 Maret 2019, 17:52
Baik dok, masukan yang sangat baik
Untungnya kemarin juga saya edukasi begitu,
Terima kasih dokter
09 Maret 2019, 20:38
Alo dokter,

Pada praktiknya untuk hipotensi ortostatik pada orang tua dengan CHF maka kemungkinan ada problem arterosklerotik juga ya. Demgan adanya riwayat jatuh maka perlu dievaluasi apakah ada AF sebagai akibat dari CHF ataupun adanya stroke karena akibat AF. Jika tidak ada maka edukasi untuk berubah posisi dengan pelan2 pelan bisa disarankan. Lalu skrining profil lipid dan memberikan statin bisa ditambahkan pada pasien.mohon asupan TS lainnya
12 Maret 2019, 20:28
Baik terima kasih dok atas masukannya
12 Maret 2019, 21:16
Kalau dari yang saya baca, lisinopril sendiri memang memiliki efek samping bisa terjadi hipotensi postural juga dok, walau memang sangat jarang. Maka mungkin bisa dievaluasi dahulu penyebabnya dok.. 
13 Maret 2019, 10:53
saya sebagian besar setuju dengan pendapat sejawat sekalian. Akan tetapi untuk jatuhnya sendiri (fall) selain hipotensi ortostatik bisa juga disebabkan oleh sebab2 sinkop lain seperti vagal response, carotid sinus sensitivity, abnormalitas baroreseptor dll. Untuk hipertensi ortostatiknya sendiri harus diperiksa sesuai dengan kriteria diagnostik nya ya, yaitu pemeriksaan tekanan darah pre dan post berdiri 3 menit.
13 Maret 2019, 14:16
Terima kasih informasinya dok.. 🙏🙏