Pasien dengan Hb rendah Trombosit tinggi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, saya punya pasien dengan keluhan Hb rendah dan trombosit nya tinggi. Keluhan pasien adalah BAB nya sering berwarna oranye (bukan hitam). Hb pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan Hb rendah Trombosit tinggi

    15 Juni 2021, 14:46
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok, saya punya pasien dengan keluhan Hb rendah dan trombosit nya tinggi. Keluhan pasien adalah BAB nya sering berwarna oranye (bukan hitam). 

    Hb pasien awalnya 4, lalu di transfusi, naik jadi 11 lalu drop lagi ke 8. Trombosit berkisar antara 900.

    Kira2 untuk kasus seperti ini kemungkinannya apa saja ya dok? Dan apa saja yang perlu digali di anamnesis? 

    Terima kasih sebelumnya.

15 Juni 2021, 15:12

Alodokter, izin ikut berdiskusi 

Kadar hemoglobin yang rendah dapat disebabkan karena berbagai penyebab. Dari keadaan pasien ini, jika mengalami Hb 4 serta trombosit 900.000, maka mungkin saja hal tersebut disebabkan karena adanya suatu anemia yang disebabkan karena adanya perdarahan. Perdarahan dapat bersifat akut ataupun kronis. Perdarahan akut seperti misalnya terjadi trauma yang mengakibatkan luka terbuka dengan perdarahan yang hebat sedangkan perdarahan kronis misalnya terjadi perdarahan sedikit pada saluran cerna yang tidak disadari. Kemungkinan juga bisa karena infeksi maupun kanker. 

Sehingga hal ini perlu dianamnesiskan kembali kepada pasien riwayat perjalanan penyakitnya, riwayat penyakit terdahulu. Ketika ditemukan kemungkinan hbnya berkurang dari mana dapat dicocokkan untuk pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Jika perdarahan saluran cerna tentunya dnegan endoskopi, jika adanya keganasan mungkin dengan check darah dan ct-scan, atau hal lain untuk menentukan jenis anemianya.

Berikut sumber yang saya baca, mungkin ada ts yang ingin menambahkan, cmiiw:

https://www.alomedika.com/penyakit/hematologi/anemia-hemolitik

https://www.alomedika.com/penyakit/hematologi/anemia-defisiensi-besi/diagnosis

https://www.alomedika.com/penyakit/hematologi/anemia-megaloblastik/diagnosis

15 Juni 2021, 18:58
dr. Ikrimah Nisa Utami, Sp.PD
dr. Ikrimah Nisa Utami, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodokter, usia pasien berapa?
Prediksi penyebab Anemia bisa dilihat dari profil MCV dan MCH, kalau tidak tersedia di lab bisa juga dihitung manual dengan Nilai Hb, Ht dan Eritrosit.
Dari situ bisa kita lacak apakah pasien Normositik- Normokromik, Mikrositer-Hipokromik, atau Makrositer.
Sementara nilai trombosit yang tinggi bisa merupakan proses reaktif adanya penurunan Hb atau adanya kecurigaan Myeloproliverative Neoplasma. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan Gambaran Darah Tepi dan dipersiapkan perujukan untuk BMP setelah 3 bulan post transfusi.Semoga bermanfaat