Pasien bayi usia 7 bulan dengan keluhan gatal seluruh tubuh - Diskusi Dokter

general_alomedika

AlodokterIzin diskusi dokPasien usia 7 bulan, dengab keluhan gatal seluruh tubuh, demam, diare 10x/hr berdarah ( ), lendir ( ), muntah (-), bapil (-) sudah 2...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien bayi usia 7 bulan dengan keluhan gatal seluruh tubuh

    20 April 2020, 10:03

    Alodokter

    Izin diskusi dok


    Pasien usia 7 bulan, dengab keluhan gatal seluruh tubuh, demam, diare 10x/hr berdarah ( ), lendir ( ), muntah (-), bapil (-) sudah 2 hari ini, sebelumnya os gatal di bagian kaki saja dan bernanah kemudian berobat dan di berikan antibiotik puyer, lerzin setelah meminum obat 3 hari kemudian kulit memerah dan gatal seluruh tubuh

20 April 2020, 10:03
Punten dok itu darah ( ), lendir ( )
20 April 2020, 10:04
Darah dan lendir positif
20 April 2020, 10:45

Alo dr. Dellarista, izin coba menjawab dok.

mohon maaf sebelumnya, berarti awalnya gatal hanya di kaki ya dok? dan apakah demamnya terjadi sebelum gatal muncul atau bersamaan dok?  demamnya apakah tinggi dok?

jika demam dengan erupsi kulit namun hanya di kaki, kurang spesifik ya dok, mungkin saja gatal-gatal bernanah yang dialami di kaki itu karena infeksi kulit seperti dermatitis, oleh karena itu perlu diketahui juga apakah dari gatal-gatalnya itu memang sudah ada sejak sebelum demam atau erupsi kulit muncul bersamaan dengan demam (untuk menyingkirkan misalnya ke arah varicella atau morbili)

kemudian diare dengan darah dan lendir mengarah ke disentri ya dok, mungkin bisa digali lagi bagaimana ASI dan MPASInya. 

serta erupsi kulit gatal-gatal seluruh tubuh habis meminum obat kemungkinan besar ke arah erupsi alergi obat ya dok. mungkin bisa digali juga apakah sebelumnya pernah seperti ini atau ada alergi obat sejak dahulunya. 

mungkin sejauh ini terapi yang dilakukan ke arah simptomatik, sambil digali lagi riwayat keluhan dan perjalanan penyakitnya. dari saya seperti ini dok, mungkin ada tambahan diskusi dari TS lainnya.. terima kasih.

20 April 2020, 11:21
dr. Epi Panjaitan, SpKK
dr. Epi Panjaitan, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Perlu ditanyakan apakah ada orang serumah yang gatal?. 
Kalau lihat dari polanya kemungkinan diagnosis banding
1. Scabies
2. Dermatitis kontak alergi atau dermatitis kontak iritan.

Saran
#krim permetrin 5% dioles seluruh badan kecuali wajah dan kepala malam hari dan dibiarkan di kulit 10 jam.
#baju handuk sprei rendam air panas dan kasur sofa.
#orang serumah yang gatal harus menggunakan krim dengan waktu yang sama.


20 April 2020, 23:05
Selamat malam dr.della...
Untuk lesi kulit yang baru muncul 3 hari setelah minum obat itu seperti apa? Makula eritema? Papul? Lepuh? Apa disertai demam? Diperiksa juga apakah ada luka di kelamin, bibir, mata merah untuk eksklusi kemungkinan erupsi obat dan steven johnson syndrome. Apabila betul muncul lesi kulit setelah minum obat.
Dari foto klinisnya juga bisa di dd dengan skabies, gali lebih jauh, gatalnya sejak kapan, anggota keluarga yang tinggal serumah ada yg keluhan gatal2 juga apa tidak, cari juga di pemeriksaan fisik lesi di kulit spt terowongan. 
Menurut saya setelah disingkirkan kemungkinan erupsi obatnya diatasi dulu diare dan demam nya jangan sampai dehidrasi. Untuk lesi erosi di kaki yang luka2 itu bisa dikompres dengan kasa steril nacl 0,9 % selama 10 menit tiap 8 jam... setelah dikeringkan dioles krim mupirocin atau natrium fusidat. 
Terima kasih