Pasien usia 19 tahun dengan kebotakan apakah aman diberikan finasteride - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Kemarin ada pasien laki laki usia 19 th yang konsultasi terkait kebotakan. Lalu pasien menanyakan tentang obat finasterid. Namun tidak saya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 19 tahun dengan kebotakan apakah aman diberikan finasteride

    26 Juli 2021, 08:08
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter. Kemarin ada pasien laki laki usia 19 th yang konsultasi terkait kebotakan. Lalu pasien menanyakan tentang obat finasterid. Namun tidak saya berikan, saya merekomendasikan untuk menggunakan minoxydil terlebih dahulu. Bagaimana sebenarnya terkait finasteride dengan kebotakan? Apakah efek samping seperti disfungsi ereksi, gangguan kecemasan, dan penurunan libido akan selalu terjadi pada pasien yang mengkonsumsi finasteride?

    Mohon asupannya dok. Terimakasih 🙏

26 Juli 2021, 08:39

Alo Dokter

Finasteride adalah inhibitor selektif terhadap isoform 5-alfa-reduktase tipe 1 dan tipe 2. Obat ini dapat menekan konversi testosteron menjadi dihidrotestosteron, sehingga mengurangi level dihidrotestosteron. Biasanya, finasteride digunakan untuk terapi benign prostatic hyperplasia (BPH) dan alopecia androgenik pada laki-laki dewasa.

Untuk efek sampingnya, disfungsi ereksi, penurunan libido, dan gangguan psikiatri tidak selalu terjadi pada semua pengguna dok. Menurut data, disfungsi ereksi terjadi pada 1,3-8,1% kasus dan penurunan libido terjadi pada 1,8-6,4% kasus. Berikut saya lampirkan referensi lebih lengkapnya ya dok:

https://reference.medscape.com/drug/propecia-proscar-finasteride-342824#4

26 Juli 2021, 15:45
Alo Dokter,
IMHO, alopesia masuk level 2 untuk dokter umum dok, artinya kita sebatas mendiagnosa dan merujuk ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Utk pengobatan bisa dgn minoksidil topikal atau obat oral finasterid (Ref: PPK Perdoski)