Favipiravir pada bumil dan busui - Farmakologi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Reni Widyastuti, Sp.FK, karena sekarang yang direkomendasikan adalah penggunaaan favipiravir dan sepanjang yang saya tahu bahwa belum ada data...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Favipiravir pada bumil dan busui - Farmakologi Ask The Expert

    21 Juli 2021, 14:56
    dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
    dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
    Dokter Spesialis Kandungan

    Alo dr. Reni Widyastuti, Sp.FK, karena sekarang yang direkomendasikan adalah penggunaaan favipiravir dan sepanjang yang saya tahu bahwa belum ada data keamanan pada bumil dan busui. Bagaimana pendapatnya? Dan jika blm ada apakah partikelnya secara farmakologi dapat masuk ke dalam asi dan atau menembus plasenta?

    Dan apakah ada kontraindikasi secara umum penggunaannya

    Terima kasih dok

21 Juli 2021, 17:10

Alo dr. Shandy,

Pemberian favipiravir dikontraindikasikan pada kehamilan karena memiliki potensi teratogenik. Penelitian pada hewan mendapatkan bahwa pemberian favipiravir dengan dosis ekuivalen dengan dosis pada manusia dapat menyebabkan terjadinya abortus atau kematian embrionik.

Metabolit utama favipiravir dapat diekskresikan ke ASI. Perlu dipertimbangkan risk-benefit pemberian ASI pada ibu yang mendapat favipiravir. Jika memungkinkan, tentu lebih aman jika ibu diinstruksikan untuk berhenti menyusui. 

21 Juli 2021, 17:11
Trimakasi sharingnya
22 Juli 2021, 22:02
Alo dokter, ijin bertanya kembali. Jadi baiknya apakah kita boleh memberikan oseltamivir dan azitromisin dok jika pemberian Favipiravir dikontraindikasikan? Terima kasih dokter.
23 Juli 2021, 08:58
Alo dr Hernita
Oseltamivir dan Azitromisin aman utk diberikan pada wanita hamil dan menyusui.  Meskipun efektifitas Azitromisin pada terapi Covid masih diperdebatkan.