Hal yang perlu dilakukan saat menemukan pasien bukan sirosis dengan peningkatan fungsi hati yang signifikan - Diskusi Dokter

general_alomedika

AlodokterIzin diskusi dok, beberapa pasien sering saya temukan peningkatan signifikan dari SGOT maupun SGPT diluar penyakit liver spt sirosis maupun sistem...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Hal yang perlu dilakukan saat menemukan pasien bukan sirosis dengan peningkatan fungsi hati yang signifikan

    07 Maret 2020, 18:56

    Alodokter

    Izin diskusi dok, beberapa pasien sering saya temukan peningkatan signifikan dari SGOT maupun SGPT diluar penyakit liver spt sirosis maupun sistem biliaris, hal- hal apa yang perlu kita gali lagi dok jika menemukan pasien seperti ini, dan asessmentnya seperti apa dok? 


    Btk

07 Maret 2020, 19:28
Alodokter.

Salah satu diagnosis banding yang perlu kita pikirkan adalah penggunaan alkohol, sindrom metabolik beserta faktor risiko yang dapat mengarahkan ke fatty liver, salah satu alat diagnostik lanjutan berupa USG abdomen.
07 Maret 2020, 19:40

Selamat malam Dokter, di link berikut menjelaskan dengan cukup bagaimana menanggapi dan apa-apa saja yang perlu di curigai ketika menemukan hasil tes fungsi hati yang tidak normal. 

https://www.medscape.com/viewarticle/710045_2

Tentu perlu dilakukan anamnesis yang lengkap untuk pasien tersebut, apakah pasien memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol, ada atau tidaknya penggunaan obat-obatan sebelumnya, dan riwayat penyakit terdahulu.

Kemudian tetap dilakukan pemeriksaan fisik yang lengkap untuk melihat jaundice, spider nevi, hiperpigmentasi, clubbing finger, edem, tanda gagal jantung dan pemeriksaaan penunjang seperti lab darah lengkap, USG, atau jika diperlukan CT scan dokter. 

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan CMIIW