Efikasi dan kapan dapat memberikan Favirapir pada pasien COVID-19 - Farmakologi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Reni Widyastuti, Sp.FK, izin bertanya dokter.Bagaimana peranan favirapir dalam tatalaksana COVID-19, apakah dapat diberikan di semua pasien atau...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efikasi dan kapan dapat memberikan Favirapir pada pasien COVID-19 - Farmakologi Ask The Expert

    21 Juli 2021, 14:17

    Alo dr. Reni Widyastuti, Sp.FK, izin bertanya dokter.

    Bagaimana peranan favirapir dalam tatalaksana COVID-19, apakah dapat diberikan di semua pasien atau terdapat indikasi serta kontraindikasi khusus?

    Terimakasih dokter sebelum nya.

21 Juli 2021, 14:31

Alo dr. Nurul Falah.

Favipiravir bekerja dengan menghambat aktivitas RNA-dependent RNA polimerase virus sehingga menyebabkan penghambatan proses transkripsi dan replikasi virus. Protokol tatalaksana COVID19 dari 5 organisasi profesi saat ini merekomendasikan penggunaan favipiravir untuk pasien COVID19 mulai dari derajat ringan hingga berat.

Favipiravir dikontraindikasikan untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap obat ini. Kehamilan juga merupakan kontraindikasi dari penggunaan favipiravir karena berisiko menyebabkan abortus dan teratogenisitas. Favipiravir terdistribusi dalam sperma sehingga apabila akan diberikan pada pasien pria perlu diberikan KIE mengenai penggunaan kontrasepsi selama menggunakan obat hingga 7 hari setelahnya.

21 Juli 2021, 14:34
Baik, terimakasih dokter atas informasinya ☺🙏