Efektifkah Terapi Wicara Anak oleh Orangtua? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter! Makin kesini, makin sering ketemu ngga sih sama anak yang punya keterlambatan wicara? Kalo ketemu pasien ini, dokter biasanya edukasi apa nih ke...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efektifkah Terapi Wicara Anak oleh Orangtua?

    29 Januari 2019, 14:12

    Alo dokter!

    Makin kesini, makin sering ketemu ngga sih sama anak yang punya keterlambatan wicara? Kalo ketemu pasien ini, dokter biasanya edukasi apa nih ke orangtua pasien? Sudah tau belum sama parent-based language intervention?

    Secara umum parent-based language intervention adalah sebuah metode yang menjadikan orang tua sebagai pengganti speech therapist. Orang tua akan diberikan silabus yang berisi materi yang harus dipraktekkan di rumah bersama balita mereka yang mengalami keterlambatan bicara. Orang tua akan menjalani beberapa sesi latihan bersama speech therapist, biasanya sesi latihan diadakan dalam bentuk berkelompok yang terdiri dari beberapa orang tua. Orang tua akan diajarkan mengenai strategi spesifik yang dapat meningkatkan interaksi komunikasi dengan balita mereka. Melalui sesi latihan ini, orang tua diharapkan dapat menguasai materi dan kemudian menerapkannya ketika mereka berinteraksi dengan balita mereka di rumah.

    Program terapi yang dapat dipilih, misalnya Heidelberg Parent-based Language Intervention dan metode Hanen Parent Programme.

    Selengkapnya, silakan baca di :

    https://www.alomedika.com/parent-based-language-intervention-untuk-balita

    Setelah baca-baca, seberapa applicable menurut dokter teknik tersebut untuk diterapkan di Indonesia?

29 Januari 2019, 14:21

Alo dokter Bedry,

terimakasih banyak atas sharingnya dok, menarik sekali.. Saya sepakat dengan artikel tersebut dok karena menurut saya pribadi bagaimanapun juga orangtua yang lebih sering berinteraksi dengan anak, maka harapannya anak lebih mudah dan bisa lebih cepat mengerti materi yang di sampaikan ya dok. Selain itu bisa juga dijadikan bonding antara kita sebagai orangtua dan anak anak. 

30 Januari 2019, 07:02

Alo dokter Bedry, 

Artikelnya menarik sekali dan memang belakangan ini pertanyaan seputar speech delay pada anak banyak sekali ditanyakan. Saya setuju kalau memang intervensi oleh orang tua dan keluarga yang tinggal satu rumah, merupakan terapi yang paling baik untuk Anak, terutama karena frekuensi interaksi yang terbanyak. Tetapi memang pembekalan untuk metode intervensi menjadi sangat penting, karena tanpa pelatihan ini, banyak orang tua yang bingung untuk bagaimana cara bentuk intervensi yang efektif....

Akan sangat baik jika ada tambahan penyebarluasan informasi untuk awam mengenai bentuk-bentuk intervensi  umum dengan keterangan timeline usia anak, sebagai metode pertama terapi wicara, serta keterangan juga tentang kapan harus konsultasi dengan dokter Anak/speech terapist. 

30 Januari 2019, 10:25
Setuju sekali dok.. 
Informasinya sangat menarik, menurut saya terapi wicara dengan bantuan orang tua pasti memang lebih efektif terkait dengan waktu dan juga kedekatan emosionalnya.

Tetapi memang banyak juga menjadi tantangan bila orang tua merupakan orang yang sibuk dok ??
Timeline dan pelatihan pada orang tua memang lebih baik dilakukan pada anak tersebut 😊😊
30 Januari 2019, 12:30
Terima kasih atas sharingnya dok.

Perlu sekali agar orang tua di edukasi juga sehingga tidak tergantung penuh dengan terapisnya. 
30 Januari 2019, 16:29
dr. Asrini
dr. Asrini
Dokter Umum
Terimakasih sharingnya dok,  infonya menarik sekali 🙏🙏