Penghentian hidroksiklorokuin pada pasien yang sedang mengonsumsi amitriptilin - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter! Izin berdiskusi dok. Pasien saya dinyatakan positif COVID-19 melalui pemeriksaan RT-PCR swab nasofaring. Pasien ini hanya mengalami sakit ringan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penghentian hidroksiklorokuin pada pasien yang sedang mengonsumsi amitriptilin

    09 November 2020, 15:03

    ALO Dokter! Izin berdiskusi dok. Pasien saya dinyatakan positif COVID-19 melalui pemeriksaan RT-PCR swab nasofaring. Pasien ini hanya mengalami sakit ringan dengan gejala demam dan mialgia, tanpa disertai batuk. Dia diberikan obat hidroksiklorokuin oleh rumah sakit. Saya khawatir akan efek samping hidroksiklorokuin, terutama aritmia, karena pasien saya juga mengonsumsi amitriptilin untuk mengatasi depresinya. Apa yang harus saya lakukan dok? Apakah saya boleh menghentikan hidroksiklorokuin?

09 November 2020, 15:11

Alo dr. Ranti,

Pemberian hidroksiklorokuin memang membutuhkan perhatian khusus, Dok. Hal ini dikarenakan efek samping nya yang dapat memperpanjang interval QT. Terlebih, jika dikombinasikan dengan obat lain yang mempunyai efek yang sama, seperti amitriptilin. Kombinasi kedua obat tersebut dapat memberikan risiko potensi aritmia yang fatal. Selain itu, studi acak terkontrol terbesar saat ini oleh WHO (Solidairy Trial) telah mengemukakan bahwa hidroksiklorokuin tidak efektif terhadap COVID-19.

Jadi, sebaiknya sudah tidak diberikan lagi untuk pasien COVID-19.

Berikut sumber yang didapat:

https://www.medrxiv.org/content/10.1101/2020.10.15.20209817v1

Bagaimana menurut sejawat?