Manajemen Awal Program Hamil di FKTP - Obgyn Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG!Selamat pagi, Dok. Izin bertanya..Beberapa pasien yang datang ke FKTP mengeluh belum memiliki anak dan ingin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Manajemen Awal Program Hamil di FKTP - Obgyn Ask The Expert

    28 Juni 2021, 09:57

    ALO, dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG!

    Selamat pagi, Dok. Izin bertanya..

    Beberapa pasien yang datang ke FKTP mengeluh belum memiliki anak dan ingin menjalankan program hamil, tetapi karena keterbatasan dana hanya bisa berkonsultasi di FKTP. Sebagai dokter umum di FKTP, manajemen apa yang bisa kami lakukan untuk pasangan2 tersebut, Dok? 

    Terima kasih sebelumnya..

28 Juni 2021, 10:24
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
Dokter Spesialis Kandungan

Alo untuk kasus infertil sekarang ini penyebabnya sama yaitu pada wanita maupun pria. Pada wanita paling banyak yaitu faktor tuba (infeksi--> lihat tanda2 infeksi), atau gangguan Ovulasi(PCO--> anamnesis ganguan haid, tanda hirsutisme). Boleh disarankan untuk diet rendah gula dan lemak, kurangi micin dan olahraga teratur.

untuk laki-laki varikokel, infeksi, sumbatan yang menyebabkan infertil. Perempuan disarankan makanan yang bergizi spt sayuran hijau daging, dan yang mengandung asam folat. Suplementasi as folat juga dapat diberikan pada kedua pasangan. Namun untuk manajemen selanjutnya sebaiknya pemeriksaan dilakukan oleh dr obgyn.

28 Juni 2021, 11:05

Terima kasih, Dok. Hal lain yang sering ditanyakan pasien adalah kapan waktu berhubungan yang baik. Untuk hal ini, edukasinya seperti apa ya, Dok?

28 Juni 2021, 11:09
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
dr. Herbert Sihite, MKed(OG), SpOG
Dokter Spesialis Kandungan

Jadi untuk berhubungan idealnya adalah sekali 3 hari, kualitas> kuantitas. Setelah campur boleh dipakai bantal di daerah pantat supaya posisinya lebih tinggi.

Kalau mengenai kapan tentu dekat dekat masa subur (14 hari sebelum haid berikutnya). boleh dilakukan 1-2 hari sebelumnya atau hari-H.

28 Juni 2021, 11:50

Terima kasih banyak untuk penjelasannya, Dok