Edukasi pasien tentang prosedur hair removal - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Sri Katon, Sp.KKIzin bertanya dok. Saat ini banyak pasien sering menjalani prosedur hair removal, misalnya dengan IPL atau laser, dan sering...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Edukasi pasien tentang prosedur hair removal - Kulit Ask the Expert

    15 Oktober 2021, 11:56

    Alo, dr. Sri Katon, Sp.KK

    Izin bertanya dok. Saat ini banyak pasien sering menjalani prosedur hair removal, misalnya dengan IPL atau laser, dan sering menanyakan apakah ada efek jangka panjang yang mungkin timbul. Sebenarnya bagaimanakah profil keamanan prosedur-prosedur ini dalam jangka panjang Dok? Terima kasih.

15 Oktober 2021, 13:41

Alo Dr Irene Cindy Sunur,

Terima kasih atas partisipasinya dalam forum Ask the Expert hari ini,

 

 

Baik IPL dan Laser, mampu menghilangkan rambut di area yang tidak diinginkan dengan destruksi foto-thermal. Tindakan ini mempengaruhi rambut terutama di fase anagen. Energi diserap melanin/ pigmen pada folikel rambut tanpa merusak jaringan kulit sekitar.

 

Pada terapi perdana umumnya tercapai 10-25% pengurangan rambut. Bila dikerjakan berkala (setiap 4-6mgg) dalam 2-6sesi umumnya dapat tercapai hasil yang permanen. Bila perlu maintenance setelah hasil permanen, tercapai umumnya bisa dilakukan tindakan kembali dalam 6-12bulan.

 

Tindakan IPL lebih aman dibandingkan dengan laser. Baik laser maupun IPL aman dan efektif bila dikerjakan ahlinya (sp.KK). Bila dikerjakan oleh yang tidak berpengalaman dapat berbahaya karena berisiko menyebabkan luka bakar, kerusakan pigmen kulit permanen dan juga jaringan parut. Risiko ini tdk akan terjadi bila dikerjakan dokter yang terampil dan berpengalaman menggunakan laser maupun IPL. Dalam hal ini direkomendasikan dikerjakan sp.KK atau dibawah pengawasan/supervise Sp.KK.

 

Untuk menghindari efek samping yang tidak diharapkan,

1.     Lindungi area pasca tindakan laser/IPL dari sinar matahari langsung. (gunakan pakaian tertutup/ oleskan tabir surya berkala)

2.     Bila ada kemerahan/ bengkak pasca tindakan bisa dilakukan kompres dingin/ oleskan pelembab rutin dan steroid topikal ringan (gol VI DAN VII) bila tidak segera reda.

 

 

Semoga bermanfaat yaa Dok,

Salam Sehat

 

 

SK Sulistyaningrum


 

 

hair removal FAQ