Diagnosis banding untuk blister di tangan anak - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Diah Puspitosari, SpKKApabila anak memiliki blister di tangan yang baru muncul 2-3 hari sebelumnya, kira-kira diagnosis banding yang perlu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Diagnosis banding untuk blister di tangan anak - Kulit Ask the Expert

    23 Agustus 2022, 10:09
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Diah Puspitosari, SpKK

    Apabila anak memiliki blister di tangan yang baru muncul 2-3 hari sebelumnya, kira-kira diagnosis banding yang perlu dipertimbangkan apa saja ya Dok? dan sebaiknya pemeriksaan lanjutan apakah yang disarankan?

23 Agustus 2022, 10:42
dr.Diah Puspitosari
dr.Diah Puspitosari
Dokter Spesialis Kulit

ALO dokter,

Terima kasih atas partisipasinya dalam forum diskusi ini. Saya coba menanggapi ya,

Untuk blister yang terjadi pada anak dengan kondisi akut dalam waktu 2-3 hari, ada beberapa diagnosis banding yang perlu dipertimbangkan. Pertama adalah impetigo vesikobulosa, merupakan penyakit infeksi akibat bakteri yang sering ditemukan pada anak-anak dengan gambaran berupa lepuh-lepuh pada kulit. Diagnosis banding lainnya yaitu dermatitis kontak ataupun dermatitis venenata yang terjadi akibat kontak dengan toksin dari serangga atau tumbuh-tumbuhan. Pada kasus ini biasanya disertai riwayat pasien melakukan aktivitas outdoor atau justru terjadi tiba-tiba saat bangun tidur (biasanya gigitan serangga terjadi saat pasien tidur) dengan gejala subjektif panas dan gatal. Kemungkinan lainnya bisa berupa herpes zoster yang disertai gejala sistemik demam dan nyeri di daerah kelainan kulit. Kemungkinan blister akibat trauma panas juga dapat terjadi. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan gram untuk mengidentifikasi bakteri dan tzanck smear untuk virus. Riwayat penyakit atau anamnesis yang detail diperlukan sekali untuk memunculkan diagnosis banding dan penegakan diagnosis. 

Demikian jawaban dari saya semoga bermanfaat dan salam sehat!