Bayi 6 bulan dengan keluhan terdapat warna merah pada urin secara hilang timbul dan terdapat pembesaran kelenjar getah bening - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, ijin konsul.Bayi 6 bulan, laki-laki. Orang tua mengeluh BAK anaknya terkadang terdapat butiran2 merah kecil hilang timbul, keluhan kurleb 1...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bayi 6 bulan dengan keluhan terdapat warna merah pada urin secara hilang timbul dan terdapat pembesaran kelenjar getah bening

    18 Mei 2020, 10:22

    Alo dokter, ijin konsul.


    Bayi 6 bulan, laki-laki. Orang tua mengeluh BAK anaknya terkadang terdapat butiran2 merah kecil hilang timbul, keluhan kurleb 1 minggu. Tidak ada demam.

    Bayi menggunakan pospak (popok sekali pakai) rutin diganti tiap BAB/BAK banyak, atau 6 jam sekali tergantung mana yang tercapai terlebih dulu. Bayi tidak rewel, menangis spt biasa sj jk lapar/haus/ngantuk/minta digendong.

    Pernah dicoba tidak memakai pospak, saat BAK/BAB tidak kesakitan, biasa sj.

    Saat mandi atau ganti popok, bayi sering memegang2 kemaluan nya.


    Pemfis: anak aktif

    Pembesaran KGB bawah telinga kanan-kiri masing2 satu, ukuran kurleb d= 3cm, kenyal, mobile. Tidak ada nyeri tekan.

    Penis: penarikan preputium tidak sakit, penis dapat digerakkan 360derajat tanpa sakit, tidak ada nyeri tekan. Namun di lipat penis-skrotum terdapat luka lecet, tidak berdarah.


    Awalnya pemeriksaan urin lengkap sulit dilakukan karena orang tua tidak tahu kapan jadwal anaknya pipis.


    Saya Dx ISK pada awalnya, sy beri amox 5 hari keluhan sempat membaik. Namun keluhan jd muncul lagi, BAK merah hilang timbul. Lalu sy ngotot periksa UL, hasil terlampir.


    Mohon second opinion dari para TS sekalian. Terimakasih

18 Mei 2020, 11:03

Alo dr. Dewi, izin ikut berdiskusi ya Dok. 

Kalau dari klinisnya tidak ada demam ya Dok? dan anak juga masih tampak aktif tidak rewel kesakitan ya. Saya sependapat dengan Dokter, bisa dicurigai sebagai ISK. Pada kasus ini mungkin bisa digolongkan ISK non spesifik dari gejala klinisnya yang tidak jelas dan hasil pemeriksaan laboratorium yang kurang spesifik.

Umumnya untuk pendukung ke arah ISK, umumnya leukosituria, nitrit positif, dan leukosit esterase positif, tapi pada pasien ini hanya ditemukan sedimen dan bakteri positif ya Dok. Mungkin untuk lebih lanjutnya bisa diperiksa biakan urin dan pemeriksaan penunjang lain untuk menyingkirkan diagnosis banding, mengingat keluhan BAK darah yang hilang timbul, serta untuk melihat adanya kelainan anatomi ataupun fungsional ginjal dan saluran kemih yang merupakan faktor risiko terjadinya ISK berulang, misalnya dengan USG atau miksiouretrosistiografi (MSU)

Berikut ini saya lampirkan referensi Konsesus ISK dari IDAI yang mungkin bisa bermanfaat Dok. 

Mungkin ada TS lain yang menambahkan.

CMIIW

Konsensus Infeksi Saluran Kemih Pada Anak IDAI.pdf
18 Mei 2020, 16:27
Terimakasih dokter, sangat membantu 🙏