Pasien usia 40 tahun dengan bercak bulat kecil menonjol pada paha disertai gatal dan nyeri - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin diskusi saya punya pasien di klinik, umur 40 th, mengeluh timbul bercak bulat2 kecil menonjol spt melingkar di paha, gatal kadang, yerasa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 40 tahun dengan bercak bulat kecil menonjol pada paha disertai gatal dan nyeri

    08 Mei 2022, 20:20
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin diskusi saya punya pasien di klinik, umur 40 th, mengeluh timbul bercak bulat2 kecil menonjol spt melingkar di paha, gatal kadang, yerasa nyeri bila di pegang.

    Saya agak ragu, awal nya saya diagnosa tinea saya therapi miconazole, sdh 2 kali kunjungan tidak ada perbaikan. Menurut ts adakah ini kemungkinan dermatitis numular? Terapi apa yg sebaik nya saya berikan. Terima kasih

08 Mei 2022, 20:49
Alo Dokter. Ijin berdiskusi. Jika dilihat dari bentuk dan predileksi selain ke arah tinea salah satu diagnosis banding juga dapat mengarah ke dermatitis numularis. 


Gejala utama dermatitis numularis adalah bercak yang menonjol (patches) di permukaan kulit. Bercak ini berbentuk seperti koin dengan tekstur kasar berwana kecokelatan atau kemerahan.


Sebelum menjadi bercak menonjol, dermatitis numularis diawali dengan munculnya bintik-bintik kecil kemerahan pada kulit. Bintik ini kemudian bergabung menjadi lingkaran yang lebih besar (bercak). Bercak ini dapat membengkak, melepuh, dan mengeluarkan cairan.


Jika dibiarkan dermatitis numularis dapat juga disertai dengan infeksi bakteri. Keadaan ini dapat ditandai dengan sejumlah gejala seperti bercak yang berubah warna menjadi kekuningan, keluar banyak cairan dari bercak, kulit sekeliling bercak meradang (bengkak, panas, dan nyeri) dan demam.


Adapun terapi yg dapat diberikan pada pasien dengan dermatitis numularis adalah salep kortikosteroid, antihistamin dan antibiotik jika sudah mengarah ke arah infeksi bakteri. 


Berikut saya lampirkan referensi yg saya baca: 
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK565878/
http://www.alodokter.com/dermatitis-numularis
http://www.alodokter.com/mengenal-dan-menangani-dermatitis-numularis-yang-sering-dikira-kurap


CMIIW. Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan.🙏🏻

08 Mei 2022, 22:28
Bisa di berikan salep Kortikosteroid, antihistamin oral dan salep antibiotik