Dermatitis muncul sejak saat hamil - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Sri Katon Sulistyaningrum, Sp. KK, ijin bertanya dok. Saya punya keluhan gatal2 pd bagian tangan sejak hamil anak kedua, awalnya saya pikir itu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Dermatitis muncul sejak saat hamil - Kulit Ask the Expert

    15 Oktober 2021, 11:20

    Alo, dr. Sri Katon Sulistyaningrum, Sp. KK, ijin bertanya dok. 

    Saya punya keluhan gatal2 pd bagian tangan sejak hamil anak kedua, awalnya saya pikir itu disebabkan oleh neurodermatitis yg disebabkan oleh stress atau kelelahan dok.

    Tp ternyata setelah melahirkan, keluhan tsb berlanjut dan muncul setiap saya konsumsi telur ayam dan makan ayam, bisa dibilang menjadi dermatitis atopik ya Dok? 

    Pdhl sblumnya, saya tdk pernah alergi dgn telur dan ayam. 

    Apakah memang bisa seperti itu dok? 

    Dermatitis yg dimulai sejak kehamilan dan berlanjut? 

    Mohon pencerahannya dok, terimakasih 🙇‍♀️

15 Oktober 2021, 12:28

Alo Dr Novia Mulia Pertiwi,

Terima kasih atas partisipasinya dalam forum Ask the Expert hari ini,

 

 

perihal keluhan dermatitis di area tangan ini, perlu dievaluasi apakah merupakan:

1.     Neurodermatitis

2.     Contact dermatitis

3.     Chronic hand dermatitis

4.     Dermatitis atopic

5.     Dishidrosis

 

Meskipun penanganan dermatitis kurang lebih mirip. Namun selain pengobatan penting mencari faktor pencetus dan menanganinya agar keluhan tidak terus berulang.

 

Untuk reaksi alergi pada kulit umumnya tidak terjadi di area tertentu (hanya tangan saja misalnya) namun keluhan gatal dapat terjadi luas, dan pada DA umumnya sesuai predileksi DA.

 

Beberapa kelainan kulit bisa mengalami eksaserbasi/ meningkat kejadiannya saat hamil, karena dipengaruhi perubahan hormon dan imunitas selama kehamilan, namun umumnya akan reda setelah melahirkan.

 

Saran saya:

Memperkuat dan mempertahankan fungsi sawar kulit yang optimal dengan pemberian sabun pelembap segera setelah mencuci tangan

Menghindari dan memodifikasi faktor pencetus internal (stress, capek kurang tidur, kulit kering, alergi, dll) serta faktor pencetus eksternal/lingkungan (bahan iritatif maupun alergen, tungau debu rumah, kelembaban dll).

Bila gatal snantiasa hindari menggaruk kareana dapat memperparah kondisi dermatitis yang dialami. Untuk meredakan rasa gatal (bisa dengan mengoleskan pelembab/ bedak/ bedak kocok/kompres dingin) maupun obat oles dan minum sesuai kebutuhan.


Semoga bermanfaat yaa Dok,

Salam Sehat

 

 

SK Sulistyaningrum

15 Oktober 2021, 12:39
Terimakasih banyak atas jawaban dan penjelasannya Dok. 🙇‍♀️ 


Brrti apabila keluhan tdk terdapat pd predileksi DA seperti pd gambar, maka bukan DA ya Dok?
Dan ijin bertanya lg, bagaimana membedakan antara DA dan Neurodermatitis pd dewasa Dok?
Terimakasih sblumnya Dok
🙇‍♀️

15 Oktober 2021, 14:27

Alo Dr Novia Mulia Pertiwi,

Hill dan Sulzberger membagi DA dalam 3 fase Dok,

1.      Fase bayi (usia 0-2 tahun) Bentuk lesi: lesi akut, eritematosa, papul, vesikel, erosi, eksudasi/oozing dan krusta. Lokasi lesi: kedua pipi, kulit kepala, dahi, telinga, leher dan badan dengan bertambah usia, lesi dapat mengenai bagian ekstensor ekstremitas.

2.      Fase anak (usia 2 tahun-pubertas) Bentuk lesi: lesi subakut, lebih kering, plak eritematosa, skuama, batas tidak tegas dapat disertai eksudat, krusta dan ekskoriasi. Lokasi lesi: distribusi lesi simetris, di daerah fleksural pergelangan tangan, pergelangan kaki, daerah antekubital, popliteal, leher dan infragluteal.

3.      Fase dewasa Bentuk lesi: lesi kronik, kering, papul/plak eritematosa, skuama dan likenifikasi. Lokasi lesi: lipatan fleksural, wajah, leher, lengan atas, punggung serta bagian dorsal tangan, kaki, jari tangan dan jari kaki.

 

Saat ini bagian tangan mana yang mengalami dermatitis Dok? Apa ada fotonya?

Terdapat berbagai kriteria untuk mendiagnosis DA, yang tersering dipakai untuk kepentingan penelitian adalah kriteria Haniffin Rajka. Berdasarkan kriteria ini, DA ditegakkan berdasarkan 3 kriteria mayor dan 3 kriteria minor.

Kriteria mayor meliputi rasa gatal, kemerahan sesuai predileksi usia, kecenderungan kekambuhan dermatitis secara kronis, dan terdapat riwayat penyakit atopik, yaitu asma, rhinitis alergika, dan dermatitis atopik pada diri sendiri maupun keluarga.

Kriteria minor meliputi kulit kering, lipatan Dennie-Morgan pada kelopak mata, allergic shiners, wajah pucat, pitiriasis alba, keratosis pilaris, iktiosis vulgaris, konjungtivitis, keratokonus, katarak subkapsular anterior, peningkatan IgE serum, dan reaktivitas terhadap tes kulit tipe cepat.

Jika memang terpenuhi kriterianya maka dapat ditegakkan DA Dok.

 

Untuk neurodermatitis sendiri memang meningkat angka kejadiannya pada DA, bahkan kalau pada ICD 9 dan 10 dimasukkan dalam varian DA. Dikenal juga Liken simpleks kronikus (LSK).

Predileksi utama yaitu daerah yang mudah dijangkau oleh tangan seperti kulit kepala, tengkuk, ekstremitas ekstensor, pergelangan tangan dan area anogenital, meskipun dapat timbul di area tubuh manapun.

Didapatkan keluhan subjektif berupa gatal yang hebat, hingga dapat mengganggu tidur. Gatal dapat timbul paroksismal/terus-menerus/sporadik dan menghebat bila ada stress psikis.

Mana yang lebih sesuai dg gejala yg dialami saat ini Dok?

Semoga bisa membantu,

Salam Sehat

 

SK Sulistyaningrum

16 Oktober 2021, 10:03
MasyaAllaah, lengkap sekali penjelasannya Dok, terimakasih banyaak 🙇‍♀️ 


Untuk saat ini tdk sedang kambuh jd tdk bisa foto Dok, karena saya jg diet telur ayam dan ayam kotanya. Biasanya klo makan 2 itu pasti lgsg muncul dan gatal sekali. 🥲 


Dan dari yg dijelaskan tsb sepertinya memang mengarah ke DA dok, dari riwayat alergi, lokasi, dan gambaran lesinya. 🙂


Skli lg terimakasih banyak atas jawabannya Dok. 😊

16 Oktober 2021, 19:43
dr.Masrifah
dr.Masrifah
Dokter Umum
Terima kasih dokter ikut menyimak
16 Oktober 2021, 22:28
Glael
Glael
Psikolog
Dok saya mau nanya jika kapsul sebuah obat itu plastik apa bisa di komsumsi?