Pasien dengan keluhan terdapat pruritus pada jari tangan yang berubah menjadi nyeri - Diskusi Dokter

general_alomedika

mohon sharing ilmu nya πŸ™ pasien dengan gejala awal makula eritema dan pruritus, lalu hari berikutnya mulai ada papul dan pruritus masih ada. hari selanjutnya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan keluhan terdapat pruritus pada jari tangan yang berubah menjadi nyeri

    27 Oktober 2020, 09:00
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    mohon sharing ilmu nya πŸ™

    pasien dengan gejala awal makula eritema dan pruritus, lalu hari berikutnya mulai ada papul dan pruritus masih ada. hari selanjutnya lesi tampak seperti di foto dan pruritus berubah menjadi nyeri._. namun tidak ada gejala sistemik seperti demam. apakah herpes zooster harus disertai dengan adanya demam dan bisakah herpes zooster terjadi pada tempat predileksi seperti pada foto ini?

    terimakasih banyak sejawat sekalianπŸ™πŸ™

27 Oktober 2020, 09:16
Alodokter.
Dari penampakan UKK berupa vesikel/bulla dengan dasar eritema dan nampak menyambung ya lesinya.
Menurut sy tidak mengarah ke herpes zoster, bisa mengarah ke dermatitis venenata atau dermatitis kontak iritan.
Penanganan dengan salep kortikosteroid potent dan antihistamin.
Cmiiw
Tks
27 Oktober 2020, 18:28
Saya setuju dengan pendapat dokter, dri efloresensi terdapat kissing lesion pda digiti 4 diagnosa mengarah ke dermatitis venenata, saran kortikosterois + antibiotik topikal agar mencegah infeksi sekunder krn vesikel yg pecah 🙏
27 Oktober 2020, 12:49

Alo, dokter.

Saya setuju dengan dr. R Suseno AJi, tampaknya dari klinis kurang mengarah ke Herpes Zoster. Bisa ditanyakan kembali apakah ada riwayat Varicella pada pasien ini.

Terkait gejala prodormal, memang demam tidak khas untuk Herpes Zoster. Jadi tidak harus disertai demam. Keluhan biasanya diawali dengan nyeri pada dermatom sebelum muncul lesi.

Yang perlu diperhatikan pula pada Zoster lesinya khas yaitu umumnya bergerombol sesuai dengan dermatom dan hampir selalu unilateral. Apakah pada pasien ini lesinya hanya ada yg di foto saja atau di tempat lain ada?

Untuk predileksinya, Saya pikir bisa di-DD juga dengan scabies, tetapi dari foto sela-sela jari yang lain sepertinya tidak ada lesi. Bisa ditanyakan riwayat orang sekitar ada yang menderita hal yang sama, dan apakah di sela jari lain ada lesi tersebut.

Demikian sedikit masukan dari Saya. Semoga membantu. 

28 Oktober 2020, 07:45
Alo Dokter,
Biasanya pada herpes zoster didahului demam dok, dan dulu pernah ada riwayat cacar air CMIIW.Menurut saya,  diagnosanya dermatitis paederus dok.  Gambarannya memang mirip dengan herpes zoster namun tdk disertai demam. Utk pengobatan saya setuju dgn topikal steroid + antibiotik dan antihistamjn oral dok.