Dahak yang muncul di tenggorokan tiap bangun pagi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, Ijin bertanya, beberapa kali saya mendapat pertanyaan, kenapa saat bangun pagi sering sekali ada dahak yang rasanya mengganjal di tenggorokan?...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Dahak yang muncul di tenggorokan tiap bangun pagi

    17 September 2019, 08:39

    Alodokter, 

    Ijin bertanya, beberapa kali saya mendapat pertanyaan, kenapa saat bangun pagi sering sekali ada dahak yang rasanya mengganjal di tenggorokan? Sudah dikeluarkan dan minum banyak air hangat, namun muncul lagi, yang ingin saya tanyakan, 

    1. Apakah ini yang dimaksudkan post nasal drip dok? Apakah hal ini disebabkan karena penanganan rhinitis atau sinusitis yang tidak tuntas? 

    2. Terapi atau tindakan apa yang sebaiknya diberikan? 


    Mohon sharingnya dokter, mungkin ada yang pernah bertemu kasus seperti ini 🙏

17 September 2019, 08:53

Selamat pagi Dokter, berarti ini pada beberapa pasien ya Dok? atau pada satu pasien yang sama? Bagaimana dengan riwayat kesehatan dari pasiennya sebelumnya Dokter, apakah memang ada ke arah rhinitis atau sinusitis Dokter? atau pasien sebelumnya ada alergi tertentu Dokter?

17 September 2019, 08:54
Pada beberapa pasien dokter, ada yang pernah terkena rhinitis /sinusitis, namun ada juga yang tidak pernah sakit, namun selalu saja ada dahak yang keluar dari tenggorokan dok, terutama saat pagi hari🙏 
18 September 2019, 14:38

alo dokter,

ikutan nimbrung.. dahak mengganjal di belakang biasanya aku diagnosis post nasal drip e.c. suspek sinusitis..

Penanganan selanjutnya melakukan pemeriksaan penunjang utk menegakan diagnosis, seperti xray sinus paranasal atau rujuk ke spesialis THT untuk laringoskopi.

Ijin ikut menyimak bila sejawat spesialis THT nanti ada yang menanggapi pertanyaan dokter. terimakasih..

18 September 2019, 19:07
dr. Hendra Gunawan, Sp.PD
dr. Hendra Gunawan, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Hi dok, hal tersebut yang dinamakan post nasal drip. Post nasal drip tidak selalu berarti sinusitis atau rhinitis yang tidak tuntas. Saya setuju dengan pendapat sebelumnya bahwa harus dilakukan pengkajian lebih dalam terutama mengenai riwayat kesehatan penderita, riwayat alergi, riwayat sosial seperti merokok, dan riwayat adanya rinosinusitis sendiri. 

Pengobatan yang dapat dilakukan secara sederhana adalah hindari merokok, lakukan kumur pada malam hari dengan air hangat yang ditambahi garam, dan dapat menggunakan vaporizer untuk meningkatkan kelembapan udara. Selain itu, penting menjaga status hidrasi agar mukus lebih encer sehingga tidak menimbulkan post nasal drip. Semoga membantu ya dok
18 September 2019, 19:26
dr.Suyanti, Sp THT-KL
dr.Suyanti, Sp THT-KL
Dokter Spesialis THT
Alo doc,
rasa dahak yang mengalir dibelakang biasanya kita sebut post nasal drip (PND)...umumnya post nasal drip dijumpai pada kasus rhinosinusitis baik akut ataupun kronik, rhinitis alergi ataupun pada kasus septum deviasi yang menyebablan blockage..
Benar sesuai petunjuk dati sejawat, kita harus melakukan anamnesis dan pemeriksaan THT yang lengkap untuk mencari faktor penyebab timbulnya PND dan melakukan tatalaksana yang tepat..oh ya nasal irigasi juga dapat membantu mengurangi PND..
semoga informasi ya bermanfaat🙏🙏
28 November 2019, 15:15
Terima kasih dr. Suyanti
28 November 2019, 15:38
Terima kasih banyak dok😊🙏
28 November 2019, 15:26
Siang Dok.
Mungkin dapet dipertimbangkan DD GERD pada pasien. Salah satu gejala GERD adalah perasaan mengganjal di tenggorok dengan dahak yang sulit keluar.
28 November 2019, 15:40
Terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat.