Cairan infus apa yang dapat diberikan pada pasien bayi dan anak - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter izin diskusi adakah referensi cairan infus untuk anak dan bayi? Pada beberapa pengalaman melihat terapi yang diberikan terkadang dokter memberikan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cairan infus apa yang dapat diberikan pada pasien bayi dan anak

    02 Maret 2022, 13:29
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter izin diskusi adakah referensi cairan infus untuk anak dan bayi? Pada beberapa pengalaman melihat terapi yang diberikan terkadang dokter memberikan D5%:RL 1:2, kaen3a,kaen3b dan lain-lain. Jarang yang memberikan infus murni seperti NaCl dan RL. Lalu bagaimana penghitungan untuk tetesan mikro dan perbandingan kalau diberikan kombinasi cairan infus?

    Terimakasih atas pencerahannya TS ūüôŹ

04 Maret 2022, 07:22

Alo dok, saya ijin ikut berdiskusi ya. 

Terapi cairan secara umum terdiri dari cairan rumatan, cairan defisit, dan cairan pengganti. Pada pemberian terapi cairan defisit atau pengganti untuk gastroenteritis dapat digunakan cairan isotonis, seperti NacL 0,9% atau Ringer Laktat. Kemudian, setelah jumlah cairan yang keluar digantikan, diberikan cairan hipotonis sebagai rumatan.  Cairan hipotonis  yang dapat dipakai seperti dextrose campuran, yaitu D5-1/4NS atau D-5/2NS . Selain itu, cairan D-51/2 NS dapat juga digunakan untuk terapi rumatan pada ketoasidosis diabetikum (KAD). 

Untuk lebih jelasnya dapat dibaca di: https://www.alomedika.com/terapi-cairan-intravena-pada-anak

Semoga bermanfaat dok!