Cairan dan elektrolit untuk pasien bayi baru lahir - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Mau bertanya untuk BBL bagaimana menentukan jumlah pemberian cairan campuran Dext5 1/4 NS dengan KCL dan Ca Glukonas? Serta bagaimana waktu dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cairan dan elektrolit untuk pasien bayi baru lahir

    08 Juli 2022, 14:57
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Spesialis Anak

    Alo dokter. Mau bertanya untuk BBL bagaimana menentukan jumlah pemberian cairan campuran Dext5 1/4 NS dengan KCL dan Ca Glukonas? Serta bagaimana waktu dan tetesan pemberian cairannya? Terimakasih sejawat atas jawabannya ­čÖĆ

08 Juli 2022, 16:40

Selamat sore Dokter, untuk bayi baru lahirnya adakah kondisi kesehatan tertentu dokter? Mengingat jika bayi baru lahir tanpa kondisi medis tertentu, perawatan yang perlu dilakukan sesuai IDAI adalah langsung dilakukan kontak skin-to -skin dengan Ibu untuk memulai IMD (inisiasi menyusui dini). 

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/perawatan-bayi-baru-lahir

Jikapun anak mengalami kondisi medis khusus, misalnya bayi memerlukan resustasi cairan, maka yang diberikan adalah cairan isotonis atau larutan salin normal, dengan pemantauan ketat tanda vital dan diuresis. Umumnya sekitar 10-20 mg/kgBB yang bisa diulang 3 kali sesuai kondisi klinis anak. 

Untuk  terapi cairan defisit dan pengganti pada anak baru dilakukan jika penanganan kegawatan sudah dilakukan. Pilihan cairan pun sesuai kondisi klinis, misalnya sesuai dengan artikel di alomedika berikut, pada gastroentritis bisa diberikan cairan salin normal atau RL sebanyak perkiraan cairan yang keluar. Setelahnya bisa diberikan cairan rumatan yang bisa berupa cairan hipotonis dengan perhitungan Holiday-Segar Dokter. Pemberian cairan campuran seperti D5-1/4NS atau D5-1/2 NS juga dipertimbangkan untuk kondisi medis tertentu yang non bedah. 

https://www.alomedika.com/terapi-cairan-intravena-pada-anak,

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan. CMIIW