Pasien yang tervaksinasi COVID-19 apakah dapat bepergian ke luar kota meski sedang batuk - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin berdiskusi yaSaya mendapatkan pasien yg sedang batuk dan ingin berpergian ke luar kota. Saat ini pasien sudah divaksinasi covid.Jika sudah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien yang tervaksinasi COVID-19 apakah dapat bepergian ke luar kota meski sedang batuk

    01 Juni 2021, 22:09

    Alo Dokter, izin berdiskusi ya

    Saya mendapatkan pasien yg sedang batuk dan ingin berpergian ke luar kota. Saat ini pasien sudah divaksinasi covid.

    Jika sudah disingkirkan kemungkinan covid, apakah boleh langsung berpergian ke luar kota atau baiknya lakukan isolasi mandiri dulu hingga tdk ada keluhan?

    Terima kasih

01 Juni 2021, 23:57
dr. Abi Noya
dr. Abi Noya
Dokter Umum

Alo, Dokter, 

 

Saya rasa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari kasus ini. 

1. Meski sudah divaksinasi, namun kita sama-sama tahu bahwa vaksin tidak lah 100% mengeliminasi seseorang dari kemungkinan terinfeksi COVID-19. 

2. Walaupun kemungkinan COVID-19 telah tersingkirkan, namun kondisi fisik, khususnya imunitas pasien kemungkinan besar sedang tidak prima. Hal ini memperbesar kemungkinan pasien terinfeksi meski sudah divaksin, apalagi jika perjalanan tersebut merupakan perjalanan jarak jauh. Pertimbangkan pula masih banyak kalangan masyarakat yang belum divaksin, artinya belum tercipta herd immunity, sehingga rasanya lebih bijak untuk berdiam di rumah dulu sampai pulih. 

3. Meski bukan COVID-19, tapi batuk tetaplah merupakan salah satu gejala infeksi pernapasan yang kemungkinan dapat menular. Penularan penyakit seperti ini memperbesar peluang penurunan daya tahan tubuh orang di sekitarnya. Sehingga secara tak langsung turut menyumbang peningkatan risiko penularan COVID-19. 

 

Sehingga kalau menurut saya, lebih bijak untuk tetap utamakan bepergian hanya ketika sangat perlu dan dalam keadaan prima.

CMIIW. 

02 Juni 2021, 06:28
Terima kasih utk sharing ilmu nya dok