Berapa lama terapi statin harus diberikan kepada pasien dislipidemia? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya. Di Puskesmas saya sering menjumpai pasien yang memiliki kadar kolesterol tinggi dari hasil lab dan sudah terbiasa mendapatkan obat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Berapa lama terapi statin harus diberikan kepada pasien dislipidemia?

    17 Februari 2022, 20:41

    Alo dokter, izin bertanya. Di Puskesmas saya sering menjumpai pasien yang memiliki kadar kolesterol tinggi dari hasil lab dan sudah terbiasa mendapatkan obat statin. Saya ingin bertanya, utk terapi statin sendiri, berapa lama obat bisa diberikan kepada pasien? Apakah keberhasilan terapi perlu ditentukan dengan evaluasi dari cek lab? Dan apabila target kolesterol sudah tercapai, apakah terapi dpt dihentikan atau tetap dilanjutkan terutama pada pasien yg status gizinya overweight/obesitas?


    Terima kasih dok mohon inputnya

17 Februari 2022, 21:41
Alo dokter. Izin respon ya dok. Kalo kami, tergantung dari hasil lab nya dok. Profile lipid apa sj yg diperiksa dan brp nilainya. Krn keterbatasan stok obat di Puskesmas, biasanya kami berikan 2-4 minggu dulu dan pasien disarankan kontrol. Lalu cek ulang setelah terapi 4 minggu dokMgkn itu saja dari kami
Semoga bisa membantu
Terima Kasih
Mohon maaf bila ada kekurangan atau kesalahan
18 Februari 2022, 00:22
Alo dokter izin berdiskusi.
Berdasarkan pengalaman saya, obat golongan statin yg diberikan selama 14 hari hanya menurunkan 7-8 mg/dl kadar kolesterol dlm darah.
Jika sudah mencapai target normal, pasien cukup di edukasi saja untuk mengubah lifestyle spt mengurangi berat badan, diet rendah kolesterol, dan rajin berolahraga. Semoga membantu.
18 Februari 2022, 04:07
Alo dokter izin berdiskusi
Setelah melakuakn terapi kita biasanya melakukan cek kembali 4 minggu kemudian apakah terapi kita sudah mencapai target atau belum. Untuk pasien dengan risiko tinggi atau sangat tinggi dianjurkan tetap lanjut terapi terapi dokter.
20 Februari 2022, 10:09
Alo Dokter,
Dari pedoman pengendalian dislipidemia tahun 2019, dinyatakan bahwa evaluasi perlu dilakukan setelah 6 bulan pengobatan terutama bisa sebelumnya yang tinggi adalah kadar LDL. Jika belum tercapai target terapi, bisa dilakukan penyesuaian dosis. Namun jika sudah tercapai, lakukan evaluasi lagi selama 6-12 bulan setelahnya untuk memantau agar kadar lipid selalu berada pada target terapi. Jangan lupa KIE agar pasien juga mengubah pola hidup (jaga pola makan, bb seimbang, olahraga rutin, stop rokok dan hindari stres) untuk mempertahankan kadar lipid agar selalu normal.