Batasan Intubasi Pada Penggunaan Ventilator Dalam waktu Lama - Anestesi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Yusuf Sinaga, Sp. An.Izin bertanya dokter. Berapa hari batas maksimal penggunaan Intubasi mengingat adanya risiko stenosis pada pasien dengan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Batasan Intubasi Pada Penggunaan Ventilator Dalam waktu Lama - Anestesi Ask The Expert

    05 Februari 2021, 10:14

    Alo dr. Yusuf Sinaga, Sp. An.

    Izin bertanya dokter. Berapa hari batas maksimal penggunaan Intubasi mengingat adanya risiko stenosis pada pasien dengan Intubasi lama? Apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan trakeostomi pada Intubasi lama?

    Terimakasih sebelum nya.

05 Februari 2021, 11:15

Alo dr. Nurul

Terimakasih atas pertanyaannya.

Memutuskan untuk melakukan tindakan trakeostomi pada pasien terintubasi bukanlah hal yang cukup mudah untuk dilakukan, beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan adalah kesiapan tim perawatan, keluarga pasien dan atau pasien itu sendiri untuk menjalani prosedur trakeostomi.

Tim perawatan harus familiar dengan penggunaan kanul trakeostomi dan cara perawatan/membersihkannya, karena bukan tidak mungkin trakeostomi malah membahayakan bagi pasien akibat obstruksi atau dislodged dari kanul itu sendiri. Begitu juga dengan keluarga pasien, harus diedukasi untuk bisa melakukan perawatan kanul trakeostomi sendiri bila pasien sudah pulang kerumah nanti. Bila hal ini bisa dilakukan, maka tindakan trakeostomi merupakan pilihan yang tepat pada pasien yang mengalami atau diperkirakan akan mengalami intubasi yang lama.

Sedangkan untuk berapa lama batas penggunaan intubasi, ada literatur yang menyebutkan bahwa early tracheostomy (7 hari) menghasilkan prognosis yang lebih baik bagi pasien yang mendapat intubasi lama, namun tentu saja kita harus melihat kondisi klinis pasien, bila kita yakin bahwa pasien masih akan bergantung pada ventilator lebih lama maka kita bisa memutuskan untuk melakukan trakeostomi pada pasien tersebut.

Berikut link literatur yang dapat digunakan sebagai referensi dokter:

https://link.springer.com/article/10.1007/s00405-017-4838-7

 

Semoga bisa menjawab dok. Terimakasih

05 Februari 2021, 12:46
Sangat membantu untuk informasinya dokter, terimakasih ☺🙏