Bagaimana mendeteksi anak dengan gangguan interaksi sosial - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Rodman Tarigan, Sp.A, izin bertanya terkait perkembangan anak dok. Dalam konsultasi ada pasien ibu yang mengeluhkan anaknya usia 5 tahun masih sulit...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana mendeteksi anak dengan gangguan interaksi sosial - Anak Ask The Expert

    10 Mei 2021, 13:38

    Alo dr. Rodman Tarigan, Sp.A, izin bertanya terkait perkembangan anak dok. Dalam konsultasi ada pasien ibu yang mengeluhkan anaknya usia 5 tahun masih sulit untuk berinteraksi dengan teman sebayanya, anak seperti takut ketika harus berinteraksi dengan orang lain terutama di luar keluarga intinya. Dalam kondisi seperti ini, apakah sudah dapat dikatakan adanya hambatan interaksi sosial atau pada kondisi apakah warning sign yang sudah perlu konsultasi lebih lanjut, serta bagaimana penanganan yang dapat dilakukan? 

    Terima kasih dokter.

10 Mei 2021, 14:04

Anak tersebut tidak ada gangguan komunikasi namun ada masalah dalam interaksi sosial.Kalau kasus di atas pernah saya jumpai di klinik.Biasanya ada masalah psikosial emosional dok.Bisa kita lakukan skrining dengan KMEE (keusioner masalah mental emosional) atau dengan PSC (pediatric symptom checklist) 17.Dari situ nanti ada skor nilainya,apakah normal, borderline atau ada kecurigaan ke arah psikoemosional dok.Kalau hasilnya ada kecurigaan kita bisa melibatkan psikolog anak dok.